Ahad 21 May 2023 19:44 WIB

Ayah Ibu, Jangan Buru-buru Berikan Ponsel pada Anak, Begini Dampaknya

Kepemilikan ponsel pintar di usia dini memberikan pengaruh negatif terhadap mental.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Kepemilikan ponsel pintar di usia dini bisa memberikan pengaruh negatif terhadap kesehatan mental anak di kemudian hari./ilustrasi
Foto: ANTARA/Jessica Helena Wuysang
Kepemilikan ponsel pintar di usia dini bisa memberikan pengaruh negatif terhadap kesehatan mental anak di kemudian hari./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Orang tua yang berencana untuk memberikan ponsel pintar kepada anak mereka di usia dini mungkin perlu berpikir ulang. Menurut laporan terbaru dari Sapien Labs, kepemilikan ponsel pintar di usia dini bisa memberikan pengaruh negatif terhadap kesehatan mental anak di kemudian hari.

Laporan ini didasarkan pada data dari 27.969 orang dewasa muda berusia 18-24 tahun dari 34 negara. Kesehatan mental para generasi Z di negara-negara tersebut mengalami penurunan yang signifikan sejak sebelum pandemi Covid-19.

Baca Juga

Berdasarkan laporan ini, generasi Z yang baru memiliki ponsel pintar di usia yang lebih dewasa memiliki kesehatan mental yang lebih baik. Mereka juga lebih jarang bermasalah dengan pemikiran-pemikiran bunuh diri, rasa benci kepada orang lain, dan rasa tidak terhubung dengan realita.

Dampak buruk penggunaan ponsel pintar di usia dini bisa mengenai pria dan wanita. Akan tetapi, dampak buruk tersebut tampak lebih signifikan pada wanita dibandingkan pria.