Ahad 21 May 2023 19:47 WIB

65 Persen Calon Jamaah Haji Sudah Vaksinasi Meningitis

Sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, jamaah haji akan dicek kesehatan berkala.

Red: Ani Nursalikah
Vaksin meningitis untuk calon haji. 65 Persen Calon Jamaah Haji Sudah Vaksinasi Meningitis
Foto: Antara/Irfan Anshori
Vaksin meningitis untuk calon haji. 65 Persen Calon Jamaah Haji Sudah Vaksinasi Meningitis

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kepala Dinas Kesehatan Sumatra Utara Alwi Mujahit Hasibuan menyatakan vaksinasi meningitis untuk calon jamaah haji sudah mencapai 65 persen.

"Per tanggal 18 Mei sebanyak 5.061 jamaah haji asal Sumut telah divaksinasi meningitis ini. Dan sebanyak 2.610 jamaah yang belum divaksinasi meningitis," ujar Alwi, Ahad (21/5/2023).

Baca Juga

Alwi mengatakan harus menyesuaikan dengan tahapan pelunasan yang harus dilakukan oleh calon jamaah haji 2023. "Kenapa ini masih ada yang belum, memang ada keterlambatan pelunasan dan administrasi lainnya. Kita harus menyesuaikan dengan itu," katanya.

Alwi menegaskan sebelum pemberangkatan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji, seluruh calon jamaah haji tahun ini dipastikan sudah divaksinasi meningitis.

"Vaksinasi meningitis menjadi syarat wajib untuk bertolak ke Arab Saudi, kita pastikan sebelum berangkat, semua sudah divaksinasi meningitis," katanya.

Selain itu, Alwi juga memastikan sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, jamaah haji akan dicek kesehatan secara berkala. "Semua jamaah diperiksa kesehatannya sebelum berangkat, makanya di dalam kloter ada nakes yang mengawal mereka," ujarnya.

Pada 23 Mei 2023, calon jamaah haji asal Sumatra Utara akan memasuki Asrama Haji sekitar pukul 23.00 WIB. Selanjutnya, akan bertolak dari Bandara Udara Internasional Kualanamu menuju Arab Saudi pada 24 Mei 2023 sekitar pukul 07.25 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement