Rabu 24 May 2023 01:27 WIB

Ketua BKSAP Diplomasi Budaya dengan Plt Ketua Parlemen Papua Nugini

Ketua BKSAP DPR melakukan pertemuan bilateral dengan Plt Ketua Parlemen Papua Nugini.

Red: Bayu Hermawan
Putu Supadma Rudana
Foto: DPR
Putu Supadma Rudana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Delegasi Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana melakukan diplomasi atau pertemuan bilateral yang mengedepankan peran budaya dengan Plt Ketua Parlemen Papua Nugini Johnson Wapunai di Museum Rudana, Bali, Senin (22/5).

"Jadi, pertemuan ini adalah cultural talk dan cultural lunch, di mana peran seni budaya itu sangat penting dalam mengawal diplomasi," kata Putu dalam rilis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca Juga

Menurutnya, soft diplomacy melalui seni dan budaya merupakan pengikat persamaan dan persaudaraan antarbangsa. "Yang mana tempat pelaksanaannya kita gagas dilakukan di sebuah museum yaitu Museum Rudana yang merupakan rumah tertinggi kebudayaan dan juga rumah abadi peradaban bangsa," ujarnya.

Putu mengatakan, apabila diplomasi dilakukan di sebuah museum seni maka akan menambah berbagai perspektif dan kekuatan diplomasi yang selama ini dilakukan secara rutin dan tradisional melalui pertemuan bilateral dalam bentuk diskusi dan pertemuan formal saja.