Rabu 24 May 2023 16:43 WIB

Sekelompok Orang Gelar Aksi Kibarkan Bendera Pelangi, Pj Heru Ikut Berkomentar

Heru tanggapai santai, pawai berlangsung di jalan, tak masuk Balai Kota DKI.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Personel kepolisian menjaga aksi pawai Women
Foto: @TMCPoldaMetro
Personel kepolisian menjaga aksi pawai Women

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viral di media sosial akun Twitter terdapat foto yang menunjukkan bendera pelangi lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) di depan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Bahkan, ada foto yang beredar dua perempuan mengibarkan bendera biru dan pink di depan Balai Kota DKI.

Aksi itu ternyata merupakan rangkaian Women's March Jakarta yang mengelilingi Jalan Medan Merdeka Selatan dan berakhir di depan pintu Monas pada Sabtu (20/5/2023). Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menanggapi santai aksi itu. "Yang penting ga masuk (Balai Kota), kan di jalanan," kata Heru kepada Republika.co.id di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat (24/5/2023).

Sebelumnya, lini masa Twitter diramaikan oleh unggahan foto yang menunjukkan bendera pelangi LGBT terbentang di depan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Dalam foto tersebut, tampak puluhan orang tengah berkumpul di depan sebuah panggung kecil di kawasan Monas.

Awalnya, foto tersebut diunggah oleh akun Twitter @sosmedkeras pada Selasa (24/5/2023). Ternyata, kegiatan itu digawangi oleh Women's March Jakarta yang melaporkan kegiatannya di akun Twitter @womensmarchjkt.

Foto pertama menunjukkan seorang laki-laki tengah berorasi di hadapan puluhan orang.

Di bawah tempat pijakan orasi tersebut terbentang bendera merah, kuning, hijau, biru merah yang identik dengan lambang LGBT. Di foto kedua, seorang perempuan mengenakan topi penyihir tampak sedang berorasi di panggung yang sama.

Namun, pengambilan kedua foto tersebut terlihat berbeda dari kedua sisi. Tampak di foto tersebut sejumlah orang membawa poster tulisan. Di belakangnya, Tugu Monas terpampang nyata.

Akun @sosmedkeras hanya memberikan cuplikan foto dan keterangan yang tidak menunjukkan waktu dan tempat. "Gimana pendapat kalian gaes?" kata keterangan akun tersebut seperti dikutip Republika.co.id di Jakarta pada Rabu.

Seperti terpantau Republika.co.id, unggahan pada akun centang biru tersebut telah mendapatkan perhatian lebih dari 7,3 juta impresi. Sementara terdapat 2.129 retweet dan juga disukai sebanyak lebih dari 25 ribu akun. Tidak hanya itu, foto tersebut juga ramai dikomentari oleh akun yang terverifikasi berlogo centang biru

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement