Selasa 30 May 2023 12:50 WIB

Rusia Cantumkan Greenpeace ke Daftar Organisasi tak Diinginkan

Greenpeace telah menjalankan kampanye iklim dan lingkungan di Rusia selama 30 tahun.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nidia Zuraya
Logo Greenpeace.
Foto: Wikipedia
Logo Greenpeace.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Pemerintah Rusia telah memasukkan organisasi lingkungan Greenpeace International ke daftar organisasi yang tak diinginkan di negara tersebut. Sebelum ada langkah tersebut, kantor Greenpeace di Rusia sudah ditutup.

“Kementerian Kehakiman Rusia menambahkan, Greenpeace International (Stichting Greenpeace Council, Belanda), sebuah organisasi nirlaba non-pemerintah internasional, ke dalam daftar organisasi non-pemerintah asing dan internasional yang aktivitasnya dianggap tidak diinginkan di Rusia,” kata Kementerian Kehakiman Rusia, Senin (29/5/2023), dikutip laman kantor berita Rusia, TASS.

Baca Juga

Kementerian Kehakiman Rusia mengungkapkan, langkah yang diambilnya sesuai dengan Pasal 3.1 Undang-Undang Federal tentang Tindakan Terhadap Orang-Orang yang Terlibat dalam Pelanggaran Hak Asasi Manusia dan Kebebasan Fundamental, serta hak dan kebebasan warga negara Rusia. Keputusan mencantumkan Greenpeace dalam daftar organisasi tak diinginkan juga didasarkan pada keputusan wakil jaksa agung pertama Rusia baru-baru ini.