Kamis 01 Jun 2023 19:58 WIB

Toko Kelontong Dinilai Miliki Peran Penting dalam Pertumbuhan Ekonomi

Kemenko Perekonomian apresiasi peran SRC untuk pengembangan UMKM.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Presiden Joko Widodo berdialog dengan salah satu pelaku UMKM toko kelontong anggota Sampoerna Retail Community (SRC) pada acara dan forum diskusi KADIN Indonesia
Foto: dokpri
Presiden Joko Widodo berdialog dengan salah satu pelaku UMKM toko kelontong anggota Sampoerna Retail Community (SRC) pada acara dan forum diskusi KADIN Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Toko kelontong dinilai mempunyai peran penting dalam pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional. Sebagai fenomena bisnis mikro yang prospektif dan menjadi bagian penting bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat, toko kelontong diharapkan terus berkembang melalui segala proses transformasi dan digitalisasi.

“Toko kelontong memiliki peranan penting pada pertumbuhan ekonomi lokal maupun nasional. Hal ini merupakan fenomena bisnis mikro yang prospektif dan menjadi bagian penting bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat,” ujar Plt Asisten Deputi Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Kewirausahaan Kemenko Bidang Perekonomian, Chairul Saleh, dalam siaran pers, Kamis (1/6/2023).

Karena itu, dia mengapresiasi perjalanan 15 tahun transformasi dan digitalisasi yang dilakukan Sampoerna Retail Community (SRC) untuk membuat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia menjadi lebih baik. Program SRC dia sebut sejalan dengan kebijakan pemerintah mendorong usaha menengah dan besar melakukan kemitraan dengan koperasi dan UMKM.

“Kami juga mengapresiasi seluruh peritel SRC, semoga komunitas ini dapat tetap solid, mandiri, dan sukses serta mampu berkembang menjadi toko kelontong modern masa kini,” kata dia.

Pada usia yang ke-15, PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) akan terus melanjutkan perannya dalam pembinaan UMKM toko kelontong di Indonesia melalui ekosistem digital SRC. Di mana, ekosistem digital itu akan terus diperbaharui agar memberikan dukungan yang lebih baik sesuai kebutuhan toko kelontong, para mitranya, dan pelanggannya.

Untuk itu, SRC meluncurkan wajah baru ekosistem digital AYO by SRC bersamaan dengan perayaan hari ulang tahunnya ke-15 di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (27/5/2023) lalu, yang dihadiri oleh ribuan pemilik toko, mitra, dan konsumen setia toko-toko SRC. Rangkaian aplikasi itu menempatkan berbagai fitur inovatif terbaru untuk memudahkan seluruh ekosistem SRC dalam menjalankan usaha hingga berbelanja.

Direktur SRCIS, Rima Tanago, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur karena SRC dapat senantiasa berkontribusi secara nyata pada ekonomi Indonesia selama ini, utamanya dalam mendukung kemajuan UMKM toko kelontong, seperti dalam hal transformasi digital.

“Selama perjalanan panjang itu juga kami telah menyaksikan proses transformasi SRC untuk jadi lebih baik, dan berbagai bukti kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pencapaian ini tentu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak,” kata dia.

Rima menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk terus melanjutkan kontribusi SRC bagi perekonomian nasional. Oleh karena itu, pada ulang tahun ke-15, SRC meluncurkan inovasi dan memberikan wajah baru untuk ekosistem digital AYO by SRC. Inovasi dan wajah baru tersebut ditujukan agar SRC dapat semakin memperkuat ekosistem digital penunjang pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

“Untuk itu, di momen ulang tahun SRC ini, kami juga mengajak seluruh Mitra SRC, Toko SRC, pelanggan Toko SRC, partner strategis, dan masyarakat Indonesia untuk menjadi lebih baik,” ucap Rima. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement