Jumat 02 Jun 2023 16:55 WIB

Ini Starting XI Terburuk Liga Primer Inggris 2022/2023

Para pemain ini tampil tak maksimal sepanjang musim.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pemain Chelsea Marc Cucurella (kanan) dan pemain Real Madrid  Dani Carvajal berebut bola pada pertandingan sepak bola leg kedua perempat final Liga Champions antara Chelsea dan Real Madrid di stadion Stamford Bridge di London, Rabu (19/4/2023) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Pemain Chelsea Marc Cucurella (kanan) dan pemain Real Madrid Dani Carvajal berebut bola pada pertandingan sepak bola leg kedua perempat final Liga Champions antara Chelsea dan Real Madrid di stadion Stamford Bridge di London, Rabu (19/4/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Liga Primer Inggris musim 2022/2023 telah berakhir, dan para pemenang dan pecundang telah dikonfirmasi. Berikut 11 pemain yang masuk ke dalam Starting XI terburuk musim 2022/2023:

Penjaga gawang Illan Meslier (Leeds United)

Baca Juga

Pemain bertahan: Clement Lenglet (Tottenham), Lyanco (Southampton), Harry Maguire (Manchester United), Marc Cucurella (Chelsea)

Gelandang: Kalvin Phillips (Manchester City), Jonjo Shelvey (Nottingham Forest), Stuart Armstrong (Southampton)

Penyerang: Richarlison (Tottenham), Kai Havertz (Chelsea), Pierre-Emerick Aubameyang (Chelsea)

Tidak ada tim yang kebobolan lebih banyak gol di Liga Primer musim ini dibandingkan Leeds United, dan Meslier mengalami musim yang sulit di bawah mistar gawang sehingga hal pertama yang dilakukan Sam Allardyce saat menjadi pelatih adalah mencadangkan sang pemain muda asal Prancis itu.

Chelsea telah mengalami musim yang buruk sehingga sejumlah pemain mereka dapat masuk ke dalam daftar pemain terburuk, namun Cucurella sangat mengecewakan mengingat biaya yang dikeluarkan untuk memboyongnya dari Brighton pada musim panas lalu adalah sekitar 55 juta Poundsterling.

Maguire tampil sangat buruk musim ini sehingga sang kapten Man United hampir tidak pernah bermain. Dia menjadi starter dalam dua pertandingan pertama Erik ten Hag sebagai pelatih - kekalahan dari Brighton dan Brentford - tetapi sejak itu hanya menjadi starter dalam tujuh pertandingan liga karena pelatih asal Belanda tersebut lebih memilih Lisandro Martinez, Raphael Varane, Victor Lindelof, dan Luke Shaw sebagai bek tengah.

Southampton mengakhiri musim di dasar klasemen dengan 25 poin, terpaut enam poin dari Leeds di peringkat 19. Banyak pemain the Saints yang seharusnya masuk dalam daftar pemain - hanya James Ward-Prowse yang benar-benar terbebas dari kritikan setelah musim yang sangat buruk - namun Lyanco dan Stuart Armstrong merupakan yang terburuk dari sekian banyak pemain yang buruk.

Phillips mengakhiri musim dengan meraih medali juara Premier League, namun tidak memberikan kontribusi yang berarti. Meskipun tiba di Manchester City dari Leeds dalam kesepakatan senilai 45 juta poundsterling pada musim panas lalu, gelandang Inggris ini hanya tampil sebagai starter dalam dua pertandingan liga sepanjang musim. 

Sementara itu, Shelvey mengalami masa-masa yang tak terlupakan di Nottingham Forest setelah bergabung dari Newcastle pada bulan Januari. Ia tampil delapan kali - tidak pernah mencetak gol - dan menyumbangkan satu gol untuk Aston Villa dalam kekalahan 2-0 di Villa Park, juga berselisih dengan manajer Steve Cooper.

Pierre-Emerick Aubameyang hanya mampu mencetak satu gol di liga sepanjang musim, sementara rekan setimnya di Chelsea, Kai Havertz, tidak bernasib lebih baik. Chelsea finis di papan bawah klasemen untuk pertama kalinya sejak 1996 dan hanya mampu mencetak 38 gol dari 38 pertandingan - lebih sedikit dari Leicester dan Leeds, yang akan bermain di Championship musim depan.

Banyak yang diharapkan dari Richarlison setelah gol-golnya membuat Everton bertahan di divisi utama musim lalu, namun hal tersebut tidak berjalan dengan baik di Tottenham. Sang pemain asal Brazil hanya mencetak satu gol di liga dalam debutnya di Spurs yang akan selalu diingat karena pertengkarannya dengan mantan pelatih Antonio Conte.

Mereka juga kemasukan 63 gol musim ini, lebih banyak dari tim lain yang berada di 10 besar; Lenglet bukanlah satu-satunya pemain bertahan Spurs yang mengalami kesulitan, namun ia mengalami musim yang buruk setelah dipinjamkan dari Barcelona.

 

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement