REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pada momen libur panjang Hari Lahir Pancasila dan Hari Waisak, PT KAI Daop 2 Bandung mencatat tren peningkatan jumlah penumpang KA. Kenaikan yang terjadi pada periode 31 Mei hingga 2 Juni 2023 yaitu 45 persen dibandingkan pada periode yang sama pekan sebelumnya (24 hingga 26 Mei 2023).
Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono, mengatakan pada periode 31 Mei-2 Juni, Daop 2 Bandung melayani 43.895 pelanggan, terdiri atas 35.392 pelanggan KA Jarak Jauh dan 8.503 pelanggan KA Lokal. Sementara pada 24 hingga 26 Mei 2023, Daop 2 Bandung hanya melayani 30.374 pelanggan. Pada periode tersebut, terdapat sebanyak 25.777 pelanggan KA Jarak Jauh dan 4.597 pelanggan KA Lokal yang menggunakan layanan KA.
"Kami perkirakan jumlah pelanggan yang menggunakan layanan KA pada sisa hari libur masih akan tinggi," kata dia, Sabtu (3/6/2023).
Berdasarkan pantauan data penjualan, kata dia, terdapat 24.895 pelanggan baik itu KA Jarak Jauh maupun KA Lokal yang akan berangkat pada tanggal 3-4 Juni. "Tentunya jumlah tersebut masih bisa berubah dan bertambah, karena masih dibukanya pemesanan tiket baik itu secara online maupun offline," ujar Mahendro.
Pada masa libur panjang kali ini, kata dia, Stasiun Bandung menjadi stasiun dengan keberangkatan tertinggi dengan jumlah 18.213 pelanggan yang telah berangkat. Sedangkan Stasiun Kiaracondong telah melayani 8.975 pelanggan. Berdasarkan data penjualan dan pemesanan tiket, masih ada 18.468 pelanggan yang akan berangkat dari kedua stasiun tersebut pada periode 3-4 Juni.
"Mayoritas kota tujuan favorit para pelanggan KA pada masa libur panjang kali ini yakni kota-kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti Surabaya, Malang, Solo, dan Kutoarjo," katanya.
Daop 2 Bandung, kata dia, mengimbau agar pelanggan memperhatikan kembali jadwal keberangkatan KA yang tertera pada tiket. Hal ini seiring dengan pemberlakuan Gapeka 2023 yang berdampak pada perubahan jadwal keberangkatan KA.
"Pemberlakuan Gapeka 2023 yang bertepatan dengan momen libur panjang merupakan inovasi dan komitmen peningkatan pelayanan Daop 2 Bandung kepada para pelanggan setia KA untuk mewujudkan transportasi yang tidak hanya cepat dan tepat waktu namun juga aman dan nyaman," kata Mahendro.