Senin 05 Jun 2023 15:26 WIB

Android 14 Diprediksi Miliki Fitur Kesehatan Baterai

Google cukup konsisten dalam memperbaiki Android.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Fitur Battery Health disebut-sebut akan hadir dalam Android 14/ Ilustrasi.
Foto: EPA
Fitur Battery Health disebut-sebut akan hadir dalam Android 14/ Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Battery Health merupakan salah satu fitur menarik yang dimiliki oleh iOS 11.3. Fitur ini memungkinkan pengguna mengetahui kapan ponsel mereka membutuhkan penggantian baterai. Fitur serupa diprediksi akan hadir dalam Android 14.

Mulanya, fitur baru terkait kesehatan baterai ini disebut tak akan muncul dalam Android 14. Akan tetapi, sumber terpercaya menyebutkan Android 14 mungkin akan memiliki fitur kesehatan baterai yang baru.

Baca Juga

Mantan pemimpin redaksi XDA-Developers, Mishaal Rahman, mengungkapkan bahwa Google telah menambahkan sejumlah Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) baru untuk fitur BatteryManager pada Android 14 versi Beta. Dua API baru di antaranya bersifat publik dan berguna untuk menyediakan informasi mengenai jumlah siklus serta status pengisian daya baterai.

Beberapa API baru lainnya merupakan sistem API yang menampilkan tanggal produksi, tanggal awal penggunaan, aturan pengisian daya, serta kondisi kesehatan baterai. Seperti dilansir GizChina  Senin (5/6/2023), saat ini beragam API baru tersebut hanya tersedia pada gawai Pixel yang memiliki sistem operasi Android 14 Beta 2 atau lebih tinggi.