Senin 05 Jun 2023 18:55 WIB

6 Bahaya Download GB Whatsapp Apk, Perlu Dikenal Sebelum Instal

Di balik segudang kelebihannya, GB Whatsapp juga memilki 6 risiko bahaya yang setidaknya perlu dikenal sebelum instal.

Rep: Koiyudh/ Red: Partner
.
Foto: network /Koiyudh
.

6 Bahaya Download<a href= GB Whatsapp APK. Ilustrasi" />
6 Bahaya Download GB Whatsapp APK. Ilustrasi

RUANG TEKNO -- Banyak aplikasi versi modifikasi Whatsapp yang saat ini beredar di jagat maya. Salah satu paling terkenal adalah GB Whatsapp.

Pengguna aplikasi ini cukup banyak jumlahnya. Tidak hanya di Indonesia, juga seluruh dunia.

Alasan utama aplikasi modifikasi ini banyak diminati adalah karena ia memiliki fitur tambahan serta kelebihan yang sangat menarik.

Kamu misalnya, bisa membaca pesan yang sudah dihapus dan memakai dua akun di satu perangkat sama.

Ada juga fitur mengirim file dalam ukuran besar dengan kualitas tinggi, menyembunyikan status sedang mengetik, sedang merekam, dan centang dua.

Fitur-fitur menarik ini memang belum bisa ditemukan di Whatsapp versi resmi.

Namun, di balik kelebihan-kelebihan tersebut, ada beberapa kekurangan bahkan bahaya mengintai yang perlu dikenali pengguna GB Whatsapp atau calon pengguna sebelum menginstalnya.

Apa Itu WhatsApp GB Apk?

Sebelum mengetahui mengenai bahaya dan risiko instal aplikasi ini, ada baiknya mengenal terlebih dahulu apa itu GB Whatsapp.

Whatsapp GB Apk adalah aplikasi versi modifikasi dari Whatsapp yang sudah ditambahkan fitur dan fungsi lain. WA GB bisa disebut sebagai aplikasi ilegal karena dikembangkan oleh pihak ketiga dan bukan resmi milik perusahaan Meta (sebelumnya bernama Facebook).

GB Whatsapp adalah aplikasi yang pada dasarnya meniru tampilan serta fungsi utama WA original. Karena itulah ia berstatus non-resmi. Kamu juga tidak bisa mengunduh aplikasi ini dari toko aplikasi Play Store maupun App Store.

GB WA pun sejauh ini hanya bisa digunakan di HP Android. Kamu tidak bisa men-download GB Whatsapp di iPhone. Itu karena Apple hanya mengizinkan pemasangan aplikasi dari toko resmi App Store atau ekosistem iOS.

Untuk bisa menginstal GB WA, kamu hanya bisa mengakses file apk-nya dari situs penyedia pihak ketiga atau link download WA GB yang dishare di sana. Kamu juga butuh mengaktifkan penginstalan dari Sumber tak Dikenal atau Unknown Sources.

Kelebihan GB WhatsApp

Seperti disebutkan sebelumnya, salah satu yang menjadi daya pikat aplikasi mods ini adalah segudang fitur tambahan yang ditawarkannya.

Fitur-fitur ini yang membuatnya memiliki nilai lebih. Karena selain tidak ada di Whatsapp versi resmi, kelebihan ini juga sebagian belum dimiliki varian WA Mod lainnya.

Berikut adalah 6 di antara kelebihan dari aplikasi GB WhatsApp:

1. Fitur Privasi

Salah satu kelebihan pertama dari GBWhatsApp adalah fitur privasinya yang tergolong lengkap. Kamu sebagai pengguna misalnya dapat mengatur sendiri siapa yang dapat melihat status, profil, dan pesan.

2. Kustom Tema dan Font

GBWhatsApp juga memiliki kelebihan dalam hal kostumisasi tema dan font. Tidak seperti WA yang asli, kamu bisa mendapatkan berbagai tema yang dapat dipersonalisasi sesuai dengan keinginanmu.

3. Fitur Download

Tidak seperti aplikasi aslinya, GBWhatsApp juga menyediakan fitur download yang memungkinkan penggunanya bisa mengunduh status dan gambar dari orang lain secara mudah dan cepat.

4. Fitur Notifikasi

GBWhatsApp juga ikut menawarkan pengaturan notifikasi yang lebih lengkap dan unik. Di antara pengaturan notifikasi yang bisa digunakan adalah mengubah nada dering, warna lampu LED, dan mengaktifkan notifikasi pop-up.

5. Balas Pesan Otomatis

Fitur ini termasuk menarik. Karena kamu dimungkinkan untuk membalas pesan secara otomatis kepada kontak terpilih. Ini berguna buat pemakai WA yang seringkali disibukkan untuk membalas pesan dari pengguna lain.

6. Penjadwalan Pesan

Fitur ini juga tak kalah menarik. Kamu bisa melakukan penjadwalan pesan menggunakan aplikasi ini. Fitur untuk menjadwalkan pengiriman pesan dimaksudkan untuk para pengguna yang seringkali khawatir jika lupa mengirim pesan.

Kelebihan-kelebihan di atas merupakan sebagian dari banyaknya fitur unik yang ditawarkan GBWA. Untuk kelebihan unggaulan lainnya, kamu bisa melihat di artikel 11 Fitur yang Bikin Netizen Penasaran Download GB WhatsApp.

Bahaya Download WA GB

Nah, di balik segudang kelebihan-kelebihannya, ternyata ada bahaya GB WhatsApp yang perlu dikenali para pengguna sebelum menginstalnya.

Risiko-risiko ini sebaiknya dipahami dahulu sebelum memutuskan menjajal Whatsapp GB di HP kesayangan.

Berikut setidaknya 6 bahaya dan risiko download WA GB yang perlu dikenali:

1. Pesan Tidak Aman

Karena statusnya tidak resmi, ada risiko pengolahan pesannya tidak sah, bahkan mungkin tidak terenkripsi. Ini memungkinkan pesan yang telah dikirim bisa dibaca oleh pihak ketiga.

Privasi pengguna pun jadi tidak aman, terutama ketika membagikan pesan pribadi seperti kata sandi dan data pribadi terkait keuangan atau perbankan.

2. Rentan Mengandung Malware dan Virus

GBWhatsApp lebih cenderung rentan mengandung malware, virus, atau spyware. Salah satu penyebabnya adalah karena server yang dihosting diduga tidak seaman versi resmi. Ada juga malware yang ditempelkan pada link download GB WA.

Sekadar informasi, malware atau virus dapat menyebabkan kerusakan pada data dan perangkat penggunanya. Data pribadi dan penting kamu juga bisa dicuri.

3. Tidak Tersaring Play Store

GBWhatsApp merupakan aplikasi yang tidak tersaring layanan Google Protect di Play store. Aplikasi ini pun bisa merugikan penggunanya karena tidak mendapatkan pembaruan sistem secara resmi.

4. Aplikasi Rentan Eror

Beberapa kendala kerap dialami aplikasi pihak ketiga adalah kendala sistem yang digunakan rentan macet dan tidak bisa digunakan secara normal alias error. Kendala semacam ini bisa terjadi kapan saja meski saat sedang digunakan.

5. Akun Resmi Diblokir

Pihak WhatsApp telah memperingatkan bahwa jika pengguna aplikasi nonresmi atau mod apk bisa gagal beralih ke akun Whatsapp resmi mereka. Dampaknya akun bisa ditangguhkan atau diblokir, sehingga kamu tidak lagi bisa menggunakan aplikasi resminya.

6. Rentan Dibobol

Bahaya lain dari menggunakan aplikasi GB Whatsapp, mengingat statusnya sebagai aplikasi nonresmi, adalah ia rentan dibobol. Ada kemungkinan celah atau bug dimanfaatkan oleh peretas atau cracker untuk masuk dan mengeruk data penting yang kamu miliki. Ini tentu saja membahayakan keamanan pengguna.

Demikian 6 bahaya GB Whatsapp yang perlu dikenali pengguna sebelum memutuskan untuk download dan menginstal di perangkat.

Bila kamu tetap penasaran ingin menjajal, pastikan sudah mengetahui risiko-risikonya dan menerapkan cara download WA GB yang aman ya Sohib Tekno.

Semoga membantu.

sumber : https://ruangtekno.republika.co.id/posts/221062/6-bahaya-download-gb-whatsapp-apk-perlu-dikenal-sebelum-instal
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement