Selasa 06 Jun 2023 01:17 WIB

Legislator: RUU Permuseuman Harus Sejalan dengan Trisakti Bung Karno

Putu sarankan RUU Permuseuman atur soal koleksi dan layanan.

Red: Bayu Hermawan
Ketua Asosiasi Museum Indonesia, Putu Supadma Rudana (ilustrasi)
Foto: DPR
Ketua Asosiasi Museum Indonesia, Putu Supadma Rudana (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Asosiasi Museum Indonesia, Putu Supadma Rudana, mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam pengelolaan museumm, seperti revitalisasi museum. Menurutnya, revitalisasi museum memiliki potensi untuk turut serta menjaga dan mengembangkan peradaban budaya bangsa.

Hal itu disampaikan Putu Rudana dalam forum Bakohumas DPR RI, dengan tema "Menjawab Tantangan Pengelolaan Museum melalui RUU Permuseuman", di Gedung DPR RI pada Senin (5/6). Putu Rudana yang juga sebagai pengagas dan pemrakarsa RUU Permuseuman mengatakan bahwa museum memiliki kesempatan untuk menjaga dan menguatkan kepribadian di bidang kebudayaan.

Baca Juga

Sebab, Putu mengatakan koleksi museum memiliki nilai-nilai agung yang secara filosofis telah terinternalisasi di dalam Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan pemersatu bangsa, dan NKRI sebagai identitas nasional Indonesia. 

"Artinya, museum melalui koleksi kesejarahan yang dimilikinya telah memberikan kontribusi positif bagi 4 pilar kebangsaan Indonesia yang senantiasa kita junjung bersama. Oleh karena itu pemerintah wajib memiliki konsep dan roadmap yang jelas guna menghadirkan kembali segala kebaikan, kemuliaan dan kejayaan nusantara," ujarnya.