Selasa 06 Jun 2023 16:12 WIB

Perbedaan ADHD dan Autisme, Kenali Ciri-cirinya

Hampir setengah anak autis juga memiliki ADHD.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
ADHD (ilustrasi). ADHD berbeda dengan autisme.
Foto: Flickr
ADHD (ilustrasi). ADHD berbeda dengan autisme.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar dua pertiga dari anak-anak yang mengalami Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) memiliki setidaknya satu kondisi komorbiditas, dan autisme adalah satu hal yang sering terjadi dengan ADHD. Beberapa studi menunjukkan, hampir setengah anak autis juga memiliki ADHD.

Dilansir laman Additude, Selasa (6/6/2023), gejala ADHD yang paling menonjol termasuk kurangnya perhatian, hiperaktif, dan impulsif. Dokter perilaku perkembangan anak dan penulis The Family ADHD Solution, Mark Bertin, mengatakan hal ini terutama merupakan gangguan pengaturan diri dan fungsi keterampilan yang bertindak sebagai "manajer otak" dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga

Sementara itu, autisme biasanya mencakup masalah dengan interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku berulang atau ritualistik. “Anak-anak autis tidak secara intuitif memahami beberapa aspek dunia sosial,” kata Bertin.

Mereka memiliki perilaku tertentu, seperti permainan imajinatif yang terbatas atau kurangnya bahasa isyarat. Mereka sering merasa kesulitan untuk mengelola interaksi sosial dan emosi.