Rabu 07 Jun 2023 08:45 WIB

Tiga Kiat Mencari Makanan Halal Saat Berada di Luar Negeri

Menemukan makanan halal saat berada di luar negeri memang tidak selalu mudah.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Perlu kiat tersendiri untuk menemukan makanan halal saat berwisata ke luar negeri. Ilustrasi
Foto: Anadolu Agency
Perlu kiat tersendiri untuk menemukan makanan halal saat berwisata ke luar negeri. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Menemukan makanan halal saat berada di luar negeri memang tidak selalu mudah, meskipun sudah banyak negara yang fokus pada pariwisata ramah Muslim. Tapi ada tiga kiat mudah yang bisa diterapkan untuk mencari makanan halal, saat sedang di luar negeri.

“Kalau kita masak, otomatis pasti bisa masak yang halal karena ada halal butchery segala macam ya,” ujar Halal Lifestyle Enthusiast, Dian Widayanti, saat ditemui di Almond Zucchini, Jakarta Selatan, Selasa (6/6/2023).

Baca Juga

Pernah tinggal di Swiss beberapa waktu, hal pertama yang paling mudah dilakukan untuk mencari makanan halal tentunya mencari di internet, buka Google dan cukup ketik ‘Halal Food Near Me’. Nanti akan muncul semua rekomendasi restoran atau supermarket yang menjual makanan-makanan halal.

Kedua, bisa cari masjid terdekat karena makanan halal akan mudah ditemui di sekitar masjid. “Makanan yang tersedia biasanya makanan khas Timur Tengah atau India yang masih bisa terjamin kehalalannya. Ya, makanan India banyak juga yang halal,” ujar Dian.