Jumat 09 Jun 2023 07:56 WIB

Demplot Pertanian di Seram Bagian Barat Dongkrak Pendapatan Keluarga

Demplot pertanian melibatkan para petani lokal untuk saling tukar pikiran

Red: Nashih Nashrullah
Sesi tanya jawab bersama IFAD yang digelar di Balai desa Rumahsoal, Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat, Kamis (8/6/2023).
Foto: Dok Istimewa
Sesi tanya jawab bersama IFAD yang digelar di Balai desa Rumahsoal, Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat, Kamis (8/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SERAM BAGIAN BARAT— Pembuatan demplot pertanian di Desa Rumahsoal, Kecamatan Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku mampu meningkatkan pengasilan rumah tangga.

Demplot sendiri adalah salah satu metode penyuluhan yang dipilih oleh penyuluh pertanian agar teknologi yang diinformasikan lebih mudah diterima petani, sehingga petani diharapkan lebih cepat tahu, mau dan mampu melaksanakan kegiatan pertanian dengan contoh yang nyata. 

Baca Juga

Ketua Kelompok Demplot, Lukas Matital, mengatakan demplot pertanian yang merupakan bagian Program Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAD) bisa membantu mendongkrak pendapatan. 

Anggota kelompok kami mendapatkan pendapatan bersih satu juta per KK. Inilah mengapa kami sangat berterima kasih dengan adanya program TEKAD di desa kami,” tegas Lukas Matital, dalam sesi tanya jawab bersama IFAD yang digelar di Balai desa Rumahsoal, Kecamatan Taniwel Kabupaten Seram Bagian Barat, Kamis (8/6/2023).