REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedutaan Besar Republik Indonsia (KBRI) Singapura menilai layanan remitansi atau kirim uang ke Indonesia oleh para pekerja migran kian aman. Kedutaan mengapresiasi langkah BNI Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN)) Singapura yang terus meningkatkan layanan bagi pekerja migran.
Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo, menuturkan, layanan remitansi yang disiapkan oleh BNI sudah cukup bersaing dengan berbagai lembaga keuangan lokal yang melayani remitansi. Di sisi lain, ia menilai masyarakat Indonesia di Singapura pun merasa lebih aman dan efisien bila mengirim uang langsung dari bank milik Indonsia.
"Tentu kalau saudaranya (di Indonesia) punya BNI maka itu akan lebih efisien. Itulah mengapa Pekerja Migran Indonesia kemudian dekat dengan BNI Singapura," kata Dubes Tommy, sapaan karibnya di KBRI Singapura, dikutip Jumat (9/6/2023).
Sejauh ini, setidaknya tercatat ada 200 ribu warga Indonesia yang tinggal di Singapura. Dari jumlah itu, sebanyak 160 ribu warga di antaranya berprofesi sebagai pekerja migran.