Jumat 09 Jun 2023 15:38 WIB

KBRI Singapura Apresiasi BNI Singapura Terhadap Layanan Keuangan Bagi Pekerja Migran

Pekerja Indonesia dinilai merasa lebih aman kirim uang melalui bank milik Indonesia.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nora Azizah
Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryopramoto.
Foto: Dedy Darmawan Nasution/Republika
Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryopramoto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kedutaan Besar Republik Indonsia (KBRI) Singapura menilai layanan remitansi atau kirim uang ke Indonesia oleh para pekerja migran kian aman. Kedutaan mengapresiasi langkah BNI Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN)) Singapura yang terus meningkatkan layanan bagi pekerja migran. 

Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo, menuturkan, layanan remitansi yang disiapkan oleh BNI sudah cukup bersaing dengan berbagai lembaga keuangan lokal yang melayani remitansi. Di sisi lain, ia menilai masyarakat Indonesia di Singapura pun merasa lebih aman dan efisien bila mengirim uang langsung dari bank milik Indonsia. 

Baca Juga

"Tentu kalau saudaranya (di Indonesia) punya BNI maka itu akan lebih efisien. Itulah mengapa Pekerja Migran Indonesia kemudian dekat dengan BNI Singapura," kata Dubes Tommy, sapaan karibnya di KBRI Singapura, dikutip Jumat (9/6/2023). 

Sejauh ini, setidaknya tercatat ada 200 ribu warga Indonesia yang tinggal di Singapura. Dari jumlah itu, sebanyak 160 ribu warga di antaranya berprofesi sebagai pekerja migran.