Jumat 09 Jun 2023 16:25 WIB

Banyak yang Keliru, Begini Cara Membersihkan Kaki dengan Benar

Kaki yang kotor dapat menumpuk kotoran sehingga sulit untuk dihilangkan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Kaki (ilusrasi). Penting untuk memperhatikan semua bagian kaki, termasuk sela-sela jari kaki.
Foto: www.freepik.com
Kaki (ilusrasi). Penting untuk memperhatikan semua bagian kaki, termasuk sela-sela jari kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaki dan kuku merupakan dua bagian tubuh yang sering luput dari perhatian dalam hal kebersihan. Beberapa orang beranggapan, saat mandi, air secara otomatis mencapai dan membersihkan area tersebut.

Namun, anggapan ini kurang tepat. Saat Anda membersihkan seluruh tubuh, kotoran dari area tersebut mengalir ke bawah dan menumpuk di kaki serta kuku. Kegagalan untuk membersihkannya secara terpisah dapat menyebabkan risiko infeksi.

Baca Juga

Dilansir laman DNA pada Jumat (9/6/2023), mengabaikan kebersihan kaki dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya kondisi seperti kutu air. Sebuah laporan mengungkapkan, 50 persen pria dan wanita tidak mencuci kaki saat mandi. Sedangkan, 25 persen lainnya mencucinya sesekali.

Kaki yang kotor dapat menumpuk kotoran sehingga sulit untuk dihilangkan. Selain itu, tidak mencuci kaki secara teratur telah dikaitkan dengan infeksi kaki atlet, yang menyerang 25 persen orang di Inggris Raya (UK) dan Amerika Serikat (AS). Infeksi ini menyebabkan kulit pecah-pecah, mengelupas, gatal, dan sensasi terbakar.

Untuk menjaga kebersihan kaki, Badan Kesehatan Amerika menyarankan mencuci kaki secara menyeluruh dengan sabun setiap dua hari sekali. Penting untuk memperhatikan semua bagian kaki, termasuk sela-sela jari kaki.

Setelah dicuci, pastikan kaki benar-benar kering sebelum mengenakan kaus kaki dan sepatu. Mengenakan alas kaki dengan kaki basah harus dihindari untuk mencegah pertumbuhan jamur. Selain itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat (AS) menyarankan untuk memotong kuku setiap enam hingga delapan pekan untuk meningkatkan kaki.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement