Selasa 13 Jun 2023 02:09 WIB

Keutamaan Air Zamzam yang Disebutkan dalam Sejumlah Hadits

Air zamzam memiliki banyak keutamaan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Pekerja menyiapkan termos wadah air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Selasa (11/4/2023). Masjid Nabawi bersiap menghadapi lonjakan jamaah di 10 hari terakhir Ramadhan.
Foto: Saudi Gazette
Pekerja menyiapkan termos wadah air zamzam di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Selasa (11/4/2023). Masjid Nabawi bersiap menghadapi lonjakan jamaah di 10 hari terakhir Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Dalam buku Keutamaan Negeri Al-Haram oleh Prof. DR. Mahmud Al-Dausary, disebutkan tentang sejumlah keutamaan air zamzam.

Di antara keutamaannya adalah: apa yang disampaikan oleh Nabi shallallahualaihi wa sallam bahwa ia adalah air terbaik yang ada di atas muka bumi ini. Ia adalah makanan yang mengenyangkan dan penyembuh penyakit.

Baca Juga

Ia dapat menjadi salah satu jalan pengabulan doa (yang diucapkan saat meminumnya). Para malaikat telah membersihkan hati Nabi shallallahu alaihi wa sallam dengan air Zam-zam sebelum melakukan Miraj. Di antara hadits-hadits yang disebutkan terkait keutamaannya adalah:

1. Apa yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Sebaik-baik air yang ada di atas muka bumi ini adalah air Zam-zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penyembuh terhadap segala penyakit.” (HR. al-Thabarany dalam al-Awsath (4/179) dan al-Kabir (11/98), no. 11167. Dihasankan oleh al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib (2/40) no. 116)

2. Apa yang terdapat dalam hadits Abu Dzar radhiyallahu anhu, ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda tentang air Zam-zam: “Sesungguhnya ia adalah sesuatu yang diberkahi.” (HR. Muslim (4/1922), no. 2437.)

3. Hadits yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah radhiyallahu anhuma, ia berkata: “Aku pernah mendengarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Air Zam-zam itu tergantung pada apa yang diniatkan saat meminumnya." (HR. Ibnu Majah)

Karena itu, salah satu sunnah dan tuntunan Nabi shallallahu alaihi wa sallam adalah mengharapkan kesembuhan kepada Allah melalui air Zam-zam. Sehingga ini menjadi praktek nyata dari beliau shallallahu alaihi wa sallam terhadap penjelasan beliau bahwa air Zam-zam dapat menyembuhkan penyakit.

Salah satu contoh yang menunjukkan hal itu adalah hadits yang diriwayatkan dari Aisyah radhiyallahu anha, bahwa ia mengatakan: “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengambil air Zam-zam di dalam bejana-bejana dan gerabah, lalu beliau menyiramkannya kepada orang-orang sakit dan memberi mereka minum.” (HR. al-Bukhari)

photo
Infografis Alur Rencana Perjalanan Haji 2023 - (Republika.co.id)

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

(QS. Al-Baqarah ayat 185)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement