Senin 12 Jun 2023 13:58 WIB

Banyak yang Suka, Kacang Kedelai Ternyata Punya Efek Penurun Kolesterol Mirip Statin

Konsumsi kacang kedelai dapat turunkan akumulasi lemak akibat kolesterol tinggi.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Kacang kedelai. Konsumsi kacang kedelai digadang dapat memberikan efek penurunan kadar kolesterol yang setara dengan konsumsi obat statin.
Foto: ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Kacang kedelai. Konsumsi kacang kedelai digadang dapat memberikan efek penurunan kadar kolesterol yang setara dengan konsumsi obat statin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi kacang kedelai dan olahannya dapat memberikan efek yang serupa dengan obat statin dalam menurunkan kolesterol. Efek penurunan kolesterol ini berasal dari dua jenis protein yang terdapat di dalam kacang kedelai.

Seperti diketahui, kadar kolesterol yang tinggi bisa menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak. Kemunculan plak di dinding pembuluh darah bisa meningkatkan beberapa risiko masalah kesehatan kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan strok.

Baca Juga

Orang-orang yang memiliki masalah kolesterol tinggi dapat menekan risiko tersebut dengan menjalani terapi. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat statin untuk menurunkan kadar kolesterol.

Konsumsi kacang kedelai digadang dapat memberikan efek penurunan kadar kolesterol yang setara dengan konsumsi obat statin. Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi terbaru dalam jurnal Antioxidants.

Sebenarnya, kacang kedelai sudah cukup lama dikenal sebagai makanan yang dapat menurunkan kolesterol. Akan tetapi, studi dalam jurnal Antioxidants merupakan studi pertama yang berhasil mengonfirmasi betapa besarnya efek dari konsumsi kacang kedelai terhadap kadar kolesterol darah.

Menurut studi tersebut, konsumsi kacang kedelai dapat menurunkan akumulasi lemak akibat kolesterol tinggi sebanyak 50-70 persen. Sedangkan penggunaan statin, dapat menurunkan akumulasi lemak sekitar 60 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement