Senin 12 Jun 2023 18:34 WIB

Komisi II DPRD Jabar: Kembalikan Masa Kejayaan Budidaya Udang Vaname

Saat ini keberadaan tambak udang vaname tidak produktif. 

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Warga memanen udang vaname.
Foto: ANTARA/Harviyan Perdana Putra
Warga memanen udang vaname.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat menyoroti hampir punahnya budidaya udang vaname di tengah masyarakat. Menurunnya produktivitas budidaya udang vaname tersebut berdampak pada berkurangnya sumber Penghasilan Asli Daerah (PAD) Jawa Barat.

Menurut Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Lina Ruslinawati, Jabar pernah mengalami masa kejayaan. Salah satunya, melalui budidaya tambak udang vaname yang berkembang pesat dimana sentralnya berada di Cibalong Kabupaten Garut dan Karawang.

Namun, Lina menilai, saat ini keberadaan tambak udang vaname tidaklah produktif seperti dulu. "Saat ini di Cibalong sendiri banyak kolam tambak udang vaname yang tidak produktif, jadi untuk saat ini ujungnya kejayaan tersebut hampir punah, banyak kolam-kolam yang tidak terpakai itu karena mengalami kebocoran," ujar Lina.

Lina pun mendorong UPTD Perikanan Air Payau dan Laut Wilayah Selatan Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Pangandaran untuk mengambil langkah taktis dalam  mengembangkan kembali potensi tambak udang vaname.