Rabu 14 Jun 2023 17:59 WIB

Momen Jokowi dan Ganjar Makan Malam Bersama, Pengamat SMRC: Bentuk Dukungan

Jokowi acapkali memberikan sinyal dukungan kepada Ganjar.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Ganjar Pranowo mengunggah foto bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun instagramnya, @ganjar_pranowo, Selasa (13/6/2024).
Foto: Dok. IG GP
Ganjar Pranowo mengunggah foto bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun instagramnya, @ganjar_pranowo, Selasa (13/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo mengunggah foto bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun instagramnya, @ganjar_pranowo, Selasa (13/6/2024). Seperti dinukil dari Kantor Berita Antara, unggahan Ganjar memperlihatkan Gubernur Jateng itu dan Jokowi  yang tampak duduk berdua di sebuah meja bundar dengan jarak relatif tidak terlalu jauh.

Di atas meja tersebut tersedia banyak makanan, dari sate, nugget, dan sayur lodeh. Ada juga pelengkap makanan semisal kerupuk, kecap, dan buah. Dalam foto itu Jokowi berpakaian kemeja putih polos dengan lengan tangan di atas meja. Jokowi tampak senyum lebar dengan pandangan mata ke arah Ganjar.

Baca Juga

Sementara, Ganjar yang mengenakan kemeja batik terlihat senyum merekah dengan pandangan agak menunduk. Tangan Ganjar ditempatkan di bawah meja beralaskan kain.

Pengamat Politik SMRC, Saidiman Ahmad menilai unggahan itu memperjelas dukungan Jokowi ke Ganjar. Telebih keduanya berasal dari partai yang sama.

“Saya kira cukup jelas bahwa Jokowi mendukung Ganjar sebagai calon presiden. Pertama, PDIP sudah memutuskan mengajukan Ganjar sebagai calon dan Jokowi masih merupakan kader PDIP,” kata dia.

Selain itu, Saidiman juga menilai Ganjar adalah tokoh yang paling mungkin melanjutkan program-program dan pembangunan Jokowi di masa mendatang.  Keduanya pun memiliki profil yang hampir mirip.

“Di antara tokoh-tokoh yang ada, Ganjar juga paling mungkin melanjutkan kebijakan Jokowi. Profil keduanya kurang lebih mirip,” katanya.

Jokowi acapkali memberikan sinyal dukungan kepada Ganjar untuk menjadi Presiden RI 2024. Salah satunya lewat kode ‘pemimpin rambut putih’ dan ‘kerutan di wajah’ yang dinilai sebagai ciri pemimpin yang memikirkan rakyat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement