Kamis 15 Jun 2023 06:24 WIB

Alasan Polisi Belum Juga Ungkap ke Publik Hasil Penyelidikan Kasus Habib Bahar Ditembak

Sebulan berlalu, belum ada kejelasan penyelidikan kasus Habib Bahar ditembak.

Red: Andri Saubani
Massa pendukung Habib Bahar bin Smith. Sebulan berlalu, hasil penyelidikan kasus Bahar ditembak hingga kini belum jelas. (ilustrasi)
Foto: Edi Yusuf/Republika
Massa pendukung Habib Bahar bin Smith. Sebulan berlalu, hasil penyelidikan kasus Bahar ditembak hingga kini belum jelas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Shabrina Zakaria, Rizky Suryarandika

Sebulan berlalu sejak Habib Bahar bin Smith dilaporkan terkena tembakan pada Jumat (12/5/2023) malam WIB, hingga kini belum ada kejelasan terkait hasil penyelidikan di kepolisian. Sebelum merilis hasil penyelidikan ke publik, polisi saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan di laboratorium forensi Mabes Polri.

Baca Juga

“Karena laboratorium forensiknya di Mabes, jadi kita cuma menunggu hasil,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo, dikonfirmasi Republika, Rabu (14/6/2023).

Ibrahim mengatakan, info publik atas penyelidikan kasus ini akan diekspose setelah semua data terkumpul. Termasuk hasil laboratorium forensik tersebut.

Ibrahim menjelaskan, polisi membutuhkan waktu tersebut untuk memberikan data yang akuntabel kepada publik. “Kita berprinsip memberikan data yang akuntabel, InsyaAllah jika datanya selesai akan diinformasikan,” ujarnya.

Di samping itu, Ibrahim pun turut angkat bicara perihal forensik kaus yang disampaikan oleh Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin sekitar dua pekan lalu. Ibrahim menjelaskan, forensik kaus yang dimaksud ialah pemeriksaan di laboratorium forensik, terhadsp kaus yang disebut dikenakan Habib Bahar saat kejadian.

“Kita belum memberikan data detailnya sebelum semua hasil lidik pendalamannya lengkap,” jelasnya.

Sebelumnya, Polres Bogor juga masih melakukan penyelidikan terhadap laporan penembakan terhadap Habib Bahar. Hasil visum dari Habib Bahar yang dilakukan di Rumah Sakit PMI Bogor pun masih akan diperiksa.

“Belum-belum (keluar). Nanti masih kita periksa,” kata Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, ketika ditemui Republika di Mako Polres Bogor, Selasa (30/5/2023).

Lebih lanjut, Iman mengatakan, polisi tengah melakukan pemeriksaan forensik terhadap kaus. Namun tidak disebut secara jelas kaus mana yang diperiksa dalam laboratorium forensik tersebut.

“Forensik kaus, (hasilnya) belum,” ujarnya singkat.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement