Rabu 14 Jun 2023 23:48 WIB

Mentan Apresiasi Produk Hilir Inovasi Petani CSA di Penas Padang

Mentan SYL puji produk hilir hasil inovasi petani di program CSA

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Stand SIMURP pada Pekan Nasional Petani dan Nelayan (Penas) ke XVI 2023 di Kota Padang, Sabtu (10/6).
Foto: dok istimewa
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Stand SIMURP pada Pekan Nasional Petani dan Nelayan (Penas) ke XVI 2023 di Kota Padang, Sabtu (10/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Inovasi produk hilir dari petani lokasi kegiatan Pertanian Cerdas Iklim atau Climate Smart Agriculture (CSA) mendapat perhatian khusus Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi Stand SIMURP pada Pekan Nasional Petani dan Nelayan (Penas) ke XVI 2023 di Kota Padang, Sabtu (10/6).

Mentan Syahrul didampingi Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian - Kementerian Pertanian RI (BPPSDMP Kementan) Dedi Nursyamsi tampak serius memperhatikan sejumlah produk hilir hasil inovasi petani CSA pada Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) yang merupakan produk inovasi Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) dari wilayah kegiatan CSA Kementan bersama SIMURP.

Hari-hari ini sejumlah petani dan penyuluh dari lokasi kegiatan SIMURP pada 24 kabupaten dari 10 provinsi berperan aktif mendukung sukses Penas Padang di Lanud Sutan Sjahrir, yang dibuka Menko Perekonomian Airlangga Hartarto via daring didampingi Mentan Syahrul secara offlline di Kota Padang.

"Tingkatkan kualitas produk hilir inovasi petani CSA agar disukai konsumen. Jangan cepat puas, terus berinovasi," kata Mentan Syahrul seraya mengapresiasi kinerja petani dan penyuluh wilayah kegiatan SIMURP.