Kamis 15 Jun 2023 05:38 WIB

Rombongan Diharapkan Jadi Pendamping Jamaah Haji Disabilitas Saat di Armuzna

PPIH masih mendata jamaah disabilitas jelang puncak haji di Armuzna.

Red: Muhammad Hafil
Pengurus Masjid Nabawi menyerahkan bantuan 15 kursi roda kepada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Bantuan itu di serahkan Asisten Wakil Sekretaris untuk Layanan Kemanusiaan, Sukarelawan dan Kemanusiaan Masjid Nabawi Naif Mus ih A Mutairi kepada Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin di pelataran Masjid Nabawi, Rabu (14/6/2023).
Foto: Agung Sasongko/Republika
Pengurus Masjid Nabawi menyerahkan bantuan 15 kursi roda kepada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Bantuan itu di serahkan Asisten Wakil Sekretaris untuk Layanan Kemanusiaan, Sukarelawan dan Kemanusiaan Masjid Nabawi Naif Mus ih A Mutairi kepada Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Madinah Zaenal Muttaqin di pelataran Masjid Nabawi, Rabu (14/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Agung Sasongko dari Madinah, Arab Saudi

MADINAH -- Layanan Jamaah Haji Lansia Daker Madinah menyosialisasikan pendamping disabilitas kepada masing-masing kloter. Melalui sosialisasi tersebut diharapkan keluarga atau rombongan untuk saling membantu sesama jamaah saat di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). 

Baca Juga

"Kami mengimbau kepada keluarga atau rombongan untuk saling membantu sebagai bentuk kepedulian sesama jamaah," ungkap Kasi Layanan Jamaah Lansia Daker Madinah, Arif Nurrawi, Rabu (14/6/2023). 

Saat ini, kata Arief, pihaknya masih melakukan pendataan berapa jumlah jamaah penyandang disabilitas. Data tersebut nantinya sebagai dasar bagi petugas di Armuzna. 

"Kami masih mendata kembali berapa jumlah jemaah yang difabel atau berkebutuhan khusus. Kita tidak ingin nanti datanya berubah karena beberapa data yang dari Tanah Air masih perlu validasi kembali. Ini untuk kepentingan kita nanti di Armuzna," katanya.

Selain itu, sambung Arief, pihaknya juga telah menyiapkan kursi roda bagi jamaah haji lansia dan berkebutuhan khusus. "Termasuk saat mereka butuh ke toilet, mobilisasi teman-teman di Bir Ali untuk membantu mereka termasuk yang sifatnya privacy," ujarnya.  

Perlu diketahui saat ini sudah 100.003 jamaah tiba di Madinah dari 263 kloter. Sebagian jamaah, yakni 79.038 jamaah telah berada di Makkah. Sementara, jamaah yang masih berada di Madinah sebanyak 20.964 dari 55 kloter. 

Data Jamaah Haji yang dilakukan Proses Evakuasi ke Mekkah dengan Ambulans pada Selasa (13/6/2023) kemarin  ada 3 Orang. Total jamaah yang dievakuasi ke Makkah mencapai 18 orang.

Untuk jamaah sakit total 52 orang dengan rincian sebagai berikut: jamaah yang dirawat di KKHI Madinah 23 Orang, RS. Al Anshor Madinah 2 Orang, RS. King Fahad Madinah 24 Orang, RS Mouwasat Hospital Madinah 3 Orang. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ اَللّٰهُ نُوْرُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ مَثَلُ نُوْرِهٖ كَمِشْكٰوةٍ فِيْهَا مِصْبَاحٌۗ اَلْمِصْبَاحُ فِيْ زُجَاجَةٍۗ اَلزُّجَاجَةُ كَاَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُّوْقَدُ مِنْ شَجَرَةٍ مُّبٰرَكَةٍ زَيْتُوْنَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَّلَا غَرْبِيَّةٍۙ يَّكَادُ زَيْتُهَا يُضِيْۤءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌۗ نُوْرٌ عَلٰى نُوْرٍۗ يَهْدِى اللّٰهُ لِنُوْرِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُۗ وَيَضْرِبُ اللّٰهُ الْاَمْثَالَ لِلنَّاسِۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ۙ
Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilauan, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah memberi petunjuk kepada cahaya-Nya bagi orang yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. An-Nur ayat 35)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement