Jumat 16 Jun 2023 11:40 WIB

Sasageyo! Pameran 'Attack on Titan' Dibuka Besok

Setelah sukses di Singapura, pameran ini melanjutkan debutnya di Asia Tenggara.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Pameran Attack on Titan: The Final Exhibition menjalani debut Asia Tenggara kedua di Indonesia, tepatnya di AKR Tower, Jakarta Barat.
Foto: Rahma Sulistya/Republika
Pameran Attack on Titan: The Final Exhibition menjalani debut Asia Tenggara kedua di Indonesia, tepatnya di AKR Tower, Jakarta Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pameran “Attack on Titan” hadir di Indonesia, berlokasi di AKR Tower, Jakarta Barat, mulai dibuka pada Sabtu (17/6/2023). Bertajuk 'Attack on Titan: The Final Exhibition', pameran ini mengikuti debut Asia Tenggara-nya yang sebelumnya sukses di Singapura.

“Kita telah buka ini di Marina Bay Sands Singapore tahun lalu, dan ini kedua di Jakarta. Pameran di sini dua kali lebih besar dibanding di Singapura,” ujar Direktur Eksekutif SL Experience, Ross Leo, dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta Barat, Kamis (15/6/2023).

Baca Juga

Penggemar manga ataupun anime “Attack on Titan” (AoT), akan diajak menjelajahi dunia di mana keberadaan umat manusia terancam oleh titan. AoT adalah serial manga fantasi gelap terlaris yang telah memiliki banyak penggemar, dengan pembangunan cerita yang rumit dan imajinasi tak terbatas dari penulis dan ilustrator Hajime Isayama.

Fantasi gelap Hajime Isayama dimulai pada 2009 ketika manusia hidup dengan damai di kota yang dikelilingi oleh tembok, yang menjaga mereka dari humanoid pemakan manusia yang dikenal sebagai Titan. Para manusia tersebut mengira mereka adalah manusia terakhir sampai suatu hari para raksasa meruntuhkan tembok dan mengungkap dunia yang penuh dengan kerumitan.

Dengan premis ini, serial manga ini telah berhasil diterbitkan selama 11 tahun dan telah terjual 110 juta copy secara global. Manga ini juga telah melahirkan serial anime yang sama suksesnya, yang sudah dimulai pada 2013 dan episode terakhirnya akan dirilis pada 2023.

Pengunjung pameran Attack on Titan: The Final Exhibition, akan dibawa mengenal para karakter secara dekat. Eren Jaeger, Levi Ackerman, Mikasa, Reiner, Armin, dan karakter-karakter lainnya, telah memiliki penggemar sangat besar di Indonesia.

Pameran ini menampilkan lebih dari 150 karya seni oleh Hajime Isayama dengan sketsa yang terbentang lebih dari satu dekade. Bagian dalam galeri juga menampilkan gambar dari volume terakhir seri yang dirilis pada 2021.

“Saat pengunjung memasuki ruang galeri, mereka akan memilih antara dua jalur, jalur biru membawa mereka ke gerbang luar tembok, sedangkan jalur merah membawa mereka ke gerbang dalam tembok. Dan nanti, kedua jalur bertemu menjadi pertemuan menegangkan antara keduanya,” papar Ross.

Saat menyusuri lorong-lorong pameran, pengunjung juga akan dihadapkan pada urutan pertempuran yang dihidupkan dalam layar 13 meter, di mana pengunjung akan melihat berbagai aksi dari serial anime AoT.

“Sudah 10 tahun sejak saya mulai menulis “Attack on Titan”. Saya pertama-tama ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pembaca dan pihak yang terlibat untuk tuntunan mereka selama ini. Menuju akhir seri, saat ini saya melakukan semua yang saya bisa sehingga reaksi kalian nantinya adalah ‘Saya senang karena terus membaca sampai sekarang’,” kata Hajime Isayama, saat mengomentari pameran AoT di Jepang 2019 lalu.

Attack on Titan: The Final Exhibition akan buka dari 17 Juni 2023 hingga 22 Oktober 2023. Harga tiket untuk dewasa dibanderol Rp 200 ribu dan untuk anak-anak Rp 150 ribu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement