Jumat 16 Jun 2023 16:43 WIB

AS, Jepang, dan Korsel Kecam Peluncuran Rudal Korut

Kamis (15/6/2023) kemarin Pyongyang menembakkan dua rudal balistik jarak pendek.

Red: Nidia Zuraya
Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke arah Laut Timur pada Kamis (15/6/2023)
Foto: AP
Korea Utara menembakkan dua rudal balistik jarak pendek ke arah Laut Timur pada Kamis (15/6/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Penasihat keamanan nasional Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan mengecam peluncuran rudal Korea Utara pada Kamis (15/6/2023) dengan menyebutnya sebagai pelanggaran nyata terhadap berbagai resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Ketiga negara juga berjanji untuk meningkatkan upaya dalam memajukan perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik, demikian pernyataan bersama yang dirilis oleh Gedung Putih.

Baca Juga

"Peluncuran rudal ini jelas merupakan pelanggaran terhadap berbagai resolusi Dewan Keamanan PBB, dan menunjukkan ancaman senjata pemusnah massal dan program rudal balistik DPRK yang melanggar hukum terhadap kawasan, perdamaian, dan keamanan internasional, serta rezim non-proliferasi global," kata Gedung Putih, merujuk pada nama resmi Korut, yaitu DPRK, seperti dilansir kantor berita Yonhap.

Kecaman itu muncul beberapa jam setelah Pyongyang menembakkan dua rudal balistik jarak pendek, menyusul upayanya yang gagal untuk meluncurkan satelit pengintaian militer pada 31 Mei 2023.