Sabtu 17 Jun 2023 03:46 WIB

Cetak Rekor MURI, Motor Listrik Selis Bisa Tempuh 280 Km Sekali Pengisian

E-Max Long Range Motor Selis merupakan hasil kerja sama Selis dengan PT SMD

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Produsen motor listrik Selis dan PT Sentramitra Dayautama (SMD) berhasil memecahkan rekor sebagai motor listrik yang dapat menempuh jarak terjauh dengan sekali pengisian daya.
Foto: Ronggo Astungkoro/Republika
Produsen motor listrik Selis dan PT Sentramitra Dayautama (SMD) berhasil memecahkan rekor sebagai motor listrik yang dapat menempuh jarak terjauh dengan sekali pengisian daya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produsen motor listrik Selis dan PT Sentramitra Dayautama (SMD) berhasil memecahkan rekor sebagai motor listrik yang dapat menempuh jarak terjauh dengan sekali pengisian daya. Di mana, dalam satu kali pengisian daya motor Selis E-Max Long Range (LR) mereka bisa menempuh jarak 280 km dari Jakarta Utara, DKI Jakarta, menuju Brebes, Jawa Tengah.

"E-Max Long Range ini merupakan hasil kerja sama Selis dengan PT SMD. Dengan jarak tempuh yang semakin jauh ini, masyarakat bisa dengan tenang membawa motor listrik bepergian hanya dalam sekali charge," ujar Direktur Operasional PT Juara Bike, Wilson Teoh, di Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Wilsom mengatakan, hal itu dapat menjawab keraguan masyarakat akan motor listrik yang hanya bisa menempuh jarak dekat. Dengan hadirnya seri motor listrik seri itu, kata dia, masyarakat bisa memilih kendaraan listrik sesuai kebutuhan jarak tempuh, seperti 40 km, 60 km, 120 km, dan 230 km.

Penyerahan piagam rekor Muri dilakukan pada Jakarta Fair Kemayoran 2023 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2023, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Triyono, Senior Manager Muri memberikan piagam rekor kepada Selis. Pemberian piagam ini diterima oleh GM Commercial PT Juara Bike Robin dan Sales Manager PT SMD Tjandra Widjaja.

Pada Kamis 8 Juni 2023 lalu, Selis memberangkatkan motor listriknya dari Jakarta ke Brebes dengan hanya sekali pengisian baterai. Selis E-Max LR yang membuat rekor baru itu dikendarai oleh Theo Randaru dari Selis Center Kelapa Gading, Jakarta Utara, sampai Exit Brebes, Jawa Tengah.

Muri sudah memverifikasi hal itu merupakan motor listrik pertama yang bisa menempuh jarak terjauh dalam sekali mengisi daya di Indonesia. Tidak hanya menjadi yang terjauh di lini motor milik Selis, motor listrik seri baru itu juga menjadi motor listrik pertama di Indonesia yang bisa menempuh jarak terjauh dibandingkan dengan merk motor listrik lainnya.

Theo membawa motor listrik Selis E-Max LR dari Jakarta ke Brebes melewati jalur Pantura. Medan yang dilewati juga beragam, seperti kemacetan di daerah Bekasi, flyover di Jakarta, dan banyaknya truk saat perjalanan. Dengan medan yang beragam ini, Theo mengaku merasa nyaman menggunakan motor Selis E-Max LR.

“Build quality oke. Saya ekspektasinya nggak terlalu tinggi karena saya masih asing dengan produk selis. Akan tetapi, ternyata bagus. Tidak ada body fracture, seperti bunyi krek krek, padahal saat riding menghantam lobang bolak-balik di Pantura,\" jelas dia.

Selis E-Max LR merupakan versi terbaru dari motor listrik Selis E-Max yang sudah ada sebelumnya. Baterai pada motor listrik satu ini berjenis Lithium dengan kapasitas 60V 90Ah. Baterai itulah yang membuat Selis E-Max LR bisa mencetak rekor motor listrik terjauh dalam sekali charge. Ada pun motor listrik E-Max Long Range yang dapat dibeli oleh masyarakat bisa mencapai jarak tempuh 230 km menggunakan baterai 60V 70 Ah.

Ada pun baterai yang ada pada Selis E-Max LR merupakan baterai yang dikembangkan bersama perusahaan baterai dari Indonesia, yaitu PT SMD. SMD merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang energi listrik untuk mendukung penggunaan barang elektronik berbasis baterai, termasuk baterai untuk motor.

“Selis E-Max Long Range menggunakan baterai lithium (LiFePO4) dengan kapasitas 60V 70Ah. Baterai ini memiliki bobot 26 kg dan non-removable. Teknologi baterai ini dikembangkan oleh PT SMD, dengan keunggulan memiliki performa yang handal bergaransi tiga tahun," kata Direktur PT SMD, Tjandra Widjaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement