Ahad 18 Jun 2023 06:34 WIB

Dukung Pembangunan di Natuna, Forum Diskusi Invest SEA Lahirkan Sejumlah Gagasan

Kepulauan Natuna memiliki potensi yang besar untuk pertumbuhan ekonomi.

Red: Gilang Akbar Prambadi
FGD Invest SEA terkait upaya memajukan Kepulauan Natuna.
Foto: Dok. Web
FGD Invest SEA terkait upaya memajukan Kepulauan Natuna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Invest SEA mengeksplorasi strategi dalam memaksimalkan sumber daya alam, sumber daya manusia, ekowisata, dan perikanan di wilayah Kepulauan Natuna.

Menyadari pentingnya pendekatan kolaboratif, kegiatan diskusi pun diselenggarakan di kantor Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD). Ini menjadi wadah bagi para narasumber dan peserta untuk bertukar pikiran, mengidentifikasi tantangan, dan mengusulkan solusi inovatif dalam memanfaatkan peluang-peluang ini secara berkelanjutan. Diskusi ini mempertemukan para pemangku kepentingan utama dari berbagai institusi, termasuk Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), KPPOD, serta Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna.

Baca Juga

"Natuna berada di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 711 yang merupakan wilayah penting karena memiliki letak strategis yang memberikan keuntungan politis, sumber daya alam yang memerlukan kerja sama dan investasi, serta kekayaan sumber daya ikan yang menjadi target kapal asing," kata Juru Bicara Kementrian Kementerian Kelautan dan Perikanan Wahyu Muryadi, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, pada Ahad (18/6/2023). 

Kepulauan Natuna memiliki potensi yang besar untuk pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan. Dalam proses mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam dan memfasilitasi pertumbuhan sektor ekonomi di wilayah tersebut, diperlukan infrastruktur yang memadai sehingga investasi menjadi komponen yang sangat penting. 

“Salah satu tantangan utama yang dihadapi Natuna adalah kurangnya pembangunan infrastruktur yang memadai, termasuk kondisi jalan yang masih perlu diperbaiki serta sistem transportasi yang belum sepenuhnya terhubung dengan baik. Infrastruktur yang kurang berkembang ini dapat menjadi hambatan dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh Natuna dan menghambat kualitas hidup masyarakat," ujar Anggawira selaku Tim Ahli Komite Investasi, Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata Kabupaten Natuna, angka wisatawan yang berkunjung ke Natuna tergolong masih rendah, dimana pada tahun 2022 angka tersebut hanya naik 34 persen dari tahun sebelumnya. Kepulauan Natuna kaya akan sumber daya alam, khususnya di sektor pariwisata sehingga diperlukan penyiapan dari sisi promosi, SDM yang andal, dan menyiapkan masyarakat secara budaya untuk mendukung pengembangan industri ini.

“Tercatat hingga tahun lalu, hanya ada 57 wisatawan yang berkunjung ke Natuna dan biasanya periode kunjungan tersebut hanya berjalan dalam waktu singkat. Maka dari itu perlu dukungan dari berbagai pihak untuk dapat mewujudkan Natuna sebagai salah satu tujuan utama destinasi wisata di Indonesia,” kata Eko Listiyanto, selaku Executive Director Center of Macroeconomics and Finance of INDEF menambahkan.

Dengan kondisi Kepulauan Natuna yang sebagian besar terdiri dari lautan (sekitar 80 persen) dan hanya memiliki sekitar 20 persen wilayah daratan, penting bagi pemerintah pusat untuk memberikan perhatian yang cukup agar Natuna tidak terjebak dalam kategori "3T" (terluar, tertinggal, dan terdepan). Dalam konteks ini, kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, investor, asosiasi, komunitas dan masyarakat setempat sangat penting untuk memajukan potensi yang ada di Kepulauan Natuna.

“Meskipun dikenal dengan kekayaan laut yang melimpah, faktanya pemerintah Natuna hanya dapat mengelola wilayah daratannya. Dengan anggaran yang terbatas, pemerintah daerah membutuhkan bantuan dari pemerintah pusat dan investor untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh Natuna,” ujar Sofyan Herbowo, selaku perwakilan Invest SEA di Indonesia.

Pandangan dan aspirasi yang disampaikan dalam FGD ini diharapkan dapat menjadi landasan yang kuat untuk memajukan pembangunan Natuna secara berkelanjutan dan inklusif. Kesimpulan yang diperoleh dari diskusi ini akan menjadi dasar perumusan strategi dan rencana aksi komprehensif yang selaras dengan visi dan misi Natuna.

“Untuk mendorong investasi di Natuna, diperlukan insentif yang menarik bagi para investor, seperti pemotongan pajak dan bantuan keuangan khusus. Hal ini akan berdampak tidak hanya pada pembangunan infrastruktur, namun juga peningkatan daya saing daerah berkelanjutan, khususnya di wilayah Natuna.” kata Direktur Eksekutif KPPOD Armand Suparman menambahkan.

“Semoga dengan terselenggaranya diskusi yang diadakan oleh Invest SEA hari ini, semakin banyak orang yang berpikir dan melirik Natuna, sehingga kami terbantu untuk bisa menyampaikan informasi bahwa posisi Natuna penting bagi pengembangan wilayah nasional. Selain itu, Natuna memiliki peran yang cukup besar dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia dengan memiliki sumber daya yang besar dan memiliki letak strategis. Hal tersebut membuat Natuna menjadi pintu gerbang untuk kawasan Asia Timur," kata Wakil Bupati Kabupaten Natuna, Rodhial Huda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement