Selasa 20 Jun 2023 16:06 WIB

AS-Cina Gagal Hasilkan Terobosan Besar

Pertemuan AS-Cina gagal menghasilkan terobosan besar yang diharapkan

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony Blinken pada Senin (19/6/2023) bertemu dengan Presiden China Xi Jinping
Foto: AP
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Anthony Blinken pada Senin (19/6/2023) bertemu dengan Presiden China Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina dan Amerika Serikat pada Senin (19/6/2023), sepakat untuk menstabilkan persaingan sengit ekonomi dan politik luar negeri kedua negara agar tidak mengarah pada konflik lebih jauh. Namun pertemuan itu gagal menghasilkan terobosan besar, sebagaimana diharapkan banyak pihak dalam kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ke Beijing kali ini.

Presiden Cina Xi Jinping menyambut "kemajuan" pembicaraan itu, setelah berjabat tangan dengan Blinken di Aula Besar Rakyat. Tempat itu merupakan ruangan megah yang biasanya digunakan untuk menyambut para kepala negara.

Baca Juga

Diplomat tertinggi AS dan Xi sama-sama menekankan pentingnya memiliki hubungan yang lebih stabil. Keduanya menyadari, konflik antara dua ekonomi terbesar di dunia ini akan menciptakan gangguan terhadap situasi global.

Namun, Cina menolak tawaran Washington untuk melanjutkan saluran komunikasi militer dan mengatakan sanksi AS sebagai penghalang. Kedua belah pihak tampak bersikukuh pada posisi mereka dalam segala hal, mulai dari Taiwan hingga perang dagang, termasuk tindakan AS terhadap industri chip Cina, hak asasi manusia, dan perang Rusia melawan Ukraina.