Selasa 20 Jun 2023 16:06 WIB

Guardiola Bantah Klaim Xavi Soal Rencana Peminjaman Cancelo

Man City tak pernah menerima tawaran apapun soal peminjaman Cancelo dari Barcelona.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, membantah klaim pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, terkait rencana peminjaman Joao Cancelo pada pertengahan musim ini. Sebelumnya, Xavi menyebut, rencana Barcelona meminjam Cancelo berujung kegagalan seusai mendapatkan penolakan dari the Citizens.

Saat itu, Blaugrana berharap bisa meminjam Cancelo guna menambah opsi pemain di sisi kanan pertahanan menyusul kondisi Sergi Roberto yang belum sepenuhnya fit. Namun, alih-alih melepas Cancelo ke Barcelona, manajemen Man City justru lebih memilih menerima tawaran Bayern Muenchen untuk meminjam bek asal Portugal tersebut.

Baca Juga

Barcelona akhirnya harus gigit jari dan terpaksa menjalani paruh kedua musim ini tanpa kehadiran amunisi baru di posisi bek kanan. Penolakan the Citizens itu diungkapkan oleh Xavi dalam sebuah wawancara dengan Esport3, akhir bulan lalu.

Kendati begitu, klaim Xavi ini dimentahkan oleh mantan bosnya saat masih menjadi kapten dan gelandang Barcelona, Pep Guardiola. Menurut Guardiola, Xavi mendapatkan informasi yang salah dari manajaemen klub terkait rencana peminjaman Cancelo tersebut.

Man City, ujar Guardiola, memang siap melepas Cancelo pada pertengahan musim ini. Pelatih asal Spanyol itu pun menegaskan, manajemen the Citizens tidak pernah memilah klub-klub yang bisa menampung mantan bek kanan Juventus tersebut. Bahkan, jika Manchester United, yang merupakan rival Man City, melayangkan tawaran peminjaman Cancelo, manajemen the Citizens siap mengabulkannya.

''Saya rasa mereka (manajemen Barcelona) memberikan informasi yang keliru terhadapnya (Xavi). Hal itu jauh dari kenyataan. Faktanya, dia (Cancelo) memang mesti hengkang, dan kami tidak peduli ke klub mana. Bahkan, jika dia bergabung bersama Manchester United, yang merupakan rival Man City," kata Guardiola seperti dikutip Mundo Deportivo, Selasa (20/5/2023).

Dengan sikap Man City tersebut, Guardiola melanjutkan, negosiasi bisa berlanjut antara Cancelo ataupun perwakilannya dengan klub manapun. Guardiola mengungkapkan, Man City tidak pernah membatasi opsi ataupun mencegah Cancelo untuk bergabung dengan klub manapun. Semua itu bergantung pada negosiasi antara agen Cancelo dengan klub yang menginginkannya.

"Di titik itu, agen (dari Cancelo) dan klub harus mencapai kesepakatan. Namun, saya tidak bermaksud menilai, manajemen klub (Barcelona) dengan sengaja memberikan informasi yang salah kepada dirinya (Xavi)," ujar mantan pelatih Barcelona tersebut.

Tidak hanya itu, Guardiola bahkan menegaskan, Man City tidak pernah menerima tawaran apapun soal peminjaman Cancelo dari Barcelona. "Saya tidak tahu (mengapa kepindahan itu gagal terwujud) karena kami tidak menerima tawaran apa pun," kata pelatih yang mengantarkan Man City meraih tiga gelar sekaligus pada musim ini tersebut.

Selama memperkuat Bayern Muenchen pada paruh kedua musim ini, Cancelo diketahui telah tampil di 21 laga di semua ajang dan menyumbang satu gol dan lima assist. Dalam klausul peminjaman pemain berusia 29 tahun itu, Muenchen bisa mengubah status kepindahan tersebut menjadi permanen pada akhir musim ini. Namun, Muenchen harus menyiapkan dana sebesar 70 juta euro sebagai kompensasi perubahan status tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement