Rabu 21 Jun 2023 15:24 WIB

Festival Indonesia, Ajang Edukasi UMKM Bertransaksi Secara Digital

Pemerintah sedang menggencarkan Gernas BBI untuk ditanamkan ke para siswa sekolah.

Red: Erik Purnama Putra
Peluncuran Festival Indonesia bertajuk
Foto: Dok Republika.co.id
Peluncuran Festival Indonesia bertajuk

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) berhasil mendorong lebih dari 13 juta pelaku usaha lokal (UMKM) untuk onboard di platform e-commerce sejak peluncurannya pada 14 Mei 2020. Memasuki tahun keempat, Gernas BBI akan menggelar Festival Indonesia bertajuk 'Pesta Anak Bangsa' di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat pada 8-9 Juli 2023.

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Liz Zeny Merry menyampaikan, banyak hal yang masih bisa dilakukan untuk mendorong tumbuhnya capaian ekonomi digital Indonesia. Dia menyinggung, pada 2027, peningkatan nilai ekonomi digital nasional berpotensi menembus lebih Rp 3.000 triliun.

"Mendorong pelaku UMKM, produsen produk lokal dan artisan untuk onboard ke platform e-commerce hanyalah satu langkah. Masih banyak langkah yang bisa diinisiasi dan diwujudkan untuk bisa meraih hasil yang jauh lebih besar lagi," ujar Liz saat konferensi pers penyelenggaraan Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa di Jakarta, Rabu (21/6/2023).

Liz menuturkan, pemerintah sedang menggencarkan Gernas BBI untuk ditanamkan kepada para siswa sekolah. Selama ini ajakan itu baru digaungkan menyasar kalangan dewasa. Padahal, idealnya Gernas BBI sudah harus diajarkan sejak dini, bukan ketika orang sudah dewasa.