Kamis 22 Jun 2023 08:25 WIB

Sekda DKI: Jakarta Tetap Jadi Pusat Perekonomian dan Budaya

IKN pindah ke Kalimantan Timur, Jakarta tetap menjadi kota global.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (3/3/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (3/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono, menghadiri malam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-496 Jakarta di Jakarta Fair Kemayoran 2023. Dalam acara tersebut, Joko mengatakan, Jakarta akan tetap menjadi pusat perekonomian, budaya dan simpul pertemuan suku bangsa yang ada di Indonesia dan dunia.

Hal itu merespons rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur (Kaltim). Malam hari ini kita berkumpul untuk merayakan HUT ke-496 DKI Jakarta. Apresiasi kita berikan kepada PT JIExpo yang turut merayakan pertambahan usia Kota Jakarta," kata Joko di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Rabu (21/6/2023).

Perayaan HUT menjadi momen yang istimewa untuk merefleksikan sejarah prestasi dan potensi masa depan Kota Jakarta. Peringatan HUT ke-496 DKI Jakarta yang mengusung tema 'Jakarta, Jadi Karya Untuk Nusantara' tersebut menunjukkan optimisme Jakarta dalam mengoptimalkan seluruh sumber dayanya.

"Juga mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan, menjadi barometer nusantara serta pemantik kemajuan bagi daerah lain di Indonesia," kata Joko.

Di samping itu, Joko berharap, PT JIExpo turut memajukan industri, terutama industri pameran, perdagangan, dan pariwisata dalam rangka memperkuat ekonomi domestik melalui penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran. Dia menjelaskan sejak tahun 1968 Jakarta Fair telah memberikan ruang untuk merayakan kemajuan Jakarta.

Langkah itu sekaligus menjadi salah satu ajang pameran ikonik yang menampilkan berbagai produk berkualitas, hiburan dan tujuan rekreasi. "Kehadiran Jakarta Fair memberikan suasana khas perayaan HUT Kota Jakarta, sekaligus menjadi wadah untuk mengoptimalkan potensi produk lokal, membuka peluang berwirausaha bagi masyarakat serta memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," kata Joko.

Dia menjelaskan, perayaan Jakarta Fair Kemayoran merupakan wujud semangat sinergi antara Pemprov DKI Jakarta dan PT JIExpo dalam menghadirkan pameran berbagai produk unggulan untuk masyarakat, baik yang tinggal maupun berkunjung ke Jakarta.

"Sekali lagi saya sampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran pihak PT JIExpo selaku mitra penyelenggara, pihak sponsor, pendukung acara, serta para peserta dari dalam dan luar negeri yang berpartisipasi pada Jakarta Fair Kemayoran 2023," kata Joko.

Dia berharap, momentum HUT ke-496 Jakarta bermakna harapan untuk membuat Jakarta menjadi kota global dan berskala internasional dalam bidang ekonomi jasa. "Pemprov DKI Jakarta juga akan terus berupaya mewujudkan cita-cita pembentukan negara yang bermasyarakat, adil dan makmur," ucap Joko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement