Jumat 23 Jun 2023 00:26 WIB

Jangan Ikuti Influencer, Berhubungan Seksual Saat Haid Sebanyak Ini Risikonya

Beberapa waktu lalu, seorang influencer membuat testimoni soal flex menstrual disc.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Reiny Dwinanda
Pasangan suami istri (ilustrasi). Berhubungan intim saat istri sedang haid mendatangkan banyak risiko kesehatan.
Foto: www.rawpixel.com
Pasangan suami istri (ilustrasi). Berhubungan intim saat istri sedang haid mendatangkan banyak risiko kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Beberapa waktu lalu, influencer Andrea Gunawan membuat testimoni mengenai penggunaan flex menstrual disc. Menurut pengalamannya, alat itu membuat hubungan seksual saat menstruasi terasa nyaman dan tidak mengganggu.

Bagaimana hal tersebut menurut kacamata medis? Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Prof Budi Santoso mengungkapkan ada banyak bahaya yang bisa timbul akibat berhubungan seksual saat sedang mensturasi meskipun menggunakan alat kontrasepsi semacam itu.

Baca Juga

Prof Budi menjelaskan, infeksi pada leher vagina dapat terjadi jika penempatan alat kontrasepsi tidak pas. Pemasangan alat kontrasepsi yang tidak tepat juga rentan membuat darah haid berceceran. Hal ini dapat menimbulkan bibit penyakit karena darah haid merupakan darah yang kotor dan mengandung bakteri.

"Maka dari itu berhubungan badan saat haid dilarang keras, selain karena melanggar norma dan praktiknya sangat berisiko," kata Prof Budi yang juga dokter spesialis kandungan, Kamis (22/6/2023).

Menurut Prof Budi, risiko ascending infection juga sulit dihindari. Ini terjadi karena darah yang berceceran dapat menimbulkan bakteri masuk dalam saluran kemih baik istri maupun suami.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَكَذٰلِكَ اَعْثَرْنَا عَلَيْهِمْ لِيَعْلَمُوْٓا اَنَّ وَعْدَ اللّٰهِ حَقٌّ وَّاَنَّ السَّاعَةَ لَا رَيْبَ فِيْهَاۚ اِذْ يَتَنَازَعُوْنَ بَيْنَهُمْ اَمْرَهُمْ فَقَالُوا ابْنُوْا عَلَيْهِمْ بُنْيَانًاۗ رَبُّهُمْ اَعْلَمُ بِهِمْۗ قَالَ الَّذِيْنَ غَلَبُوْا عَلٰٓى اَمْرِهِمْ لَنَتَّخِذَنَّ عَلَيْهِمْ مَّسْجِدًا
Dan demikian (pula) Kami perlihatkan (manusia) dengan mereka, agar mereka tahu, bahwa janji Allah benar, dan bahwa (kedatangan) hari Kiamat tidak ada keraguan padanya. Ketika mereka berselisih tentang urusan mereka, maka mereka berkata, “Dirikanlah sebuah bangunan di atas (gua) mereka, Tuhan mereka lebih mengetahui tentang mereka.” Orang yang berkuasa atas urusan mereka berkata, “Kami pasti akan mendirikan sebuah rumah ibadah di atasnya.”

(QS. Al-Kahf ayat 21)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement