Kamis 22 Jun 2023 17:09 WIB

Bazar Jakarta Entrepreneur di 10 Kecamatan Pecahkan Rekor MURI

Bazar ini total diikuti sebanyak 1.950 peserta.

Red: Fernan Rahadi
Bazar Jakarta Entrepreneur yang digelar 22-23 Juni 2023.
Foto: dokpri
Bazar Jakarta Entrepreneur yang digelar 22-23 Juni 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persiapan kegiatan Bazar Jakarta Entrepreneur yang digelar 22-23 Juni 2023 selesai dilakukan. Kegiatan ini selain untuk menyambut HUT DKI Jakarta, juga diselenggarakan juga untuk menyambut pemulihan pasca-pandemi Covid-19.

Pelaksanaan bazaar serentak di 10 kecamatan dan satu kota ini akan menampilkan binaan enam OPD Pengampu dan PKK se-Jakarta Timur sebanyak total 1.950 peserta dengan fasilitas tenda 970 tenda bazar yang akan dipasang di 64 kelurahan dan satu kota. 

Menurut Kepala Suku Dinas PPKUKM wilayah Jakarta Timur, Melinda Sagala, bazar seperti ini sudah rutin diadakan. Namun khusus untuk pelaksanaan sebanyak ini baru pertama kali dilaksanakan dengan mengambil momentum HUT DKI Jakarta yang ke-496.

Adapun kecamatan yang akan ikut serta dalam perhelatan bazar ini adalah Kecamatan Cakung,Kecamatan Ciracas, Kecamatan Pulo Gadung,Kecamatan Matraman, Kecamatan Jatinegara,Kecamatan Makasar, Kecamatan Cipayung, Kecamatan Duren Sawit, Kecamatan Pasar Rebo, Kecamatan Kramat Jati dan Kota Cakung.

Melinda menambahkan pada bazar kali ini akan banyak sekali kolaborator-kolaborator yang akan memeriahkan bazar. Selain itu juga ada yang unik didalam proses pembinaan pada para UMKM. 

"UMKM tidak hanya difasilitasi dengan area area untuk tempat mereka berjualan, tetapi sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah pusat mengenai transformasi digitalisasi maka bazar menerapkan cashless dengan metode QRIS payment tambahnya. Selain itu perlu diapresiasi juga bahwa para UMKM yang terlibat didalam kegiatan bazar serentak ini juga sudah dilengkapi dengan BPJS ketenagakerjaan," ujarnya.

UMKM yang tergabung dalam bazar HUT DKI ke 496 akan mengadakan penjualan secara marathon dari tanggal 22-23 Juni dengan produk produk unggulan seperti makanan kemasan, fashion dan craft yang sudah terlebih dulu menjalani proses kurasi yang sangat ketat dari Sudin PPKUKM wilayah Jakarta Timur.

Perayaan puncak pemberian Rekor MURI terkait bazar terbesar dengan peserta terbanyak ini akan dilaksanakan di Kantor Wali Kota Jakarta Timur dan diharapkan PJ Gubernur dan Wali Kota Jakarta Timur yang akan menerima rekor MURI kali ini. Selain itu masyarakat seputar wilayah Jakarta Timur yang ada di semua kelurahan yang tersebar di 10 kecamatan dan satu kota diharapkan untuk menjadikan bazar kali ini menjadi pesta rakyat dan mendukung dengan membeli produk produk dari para UMKM.

Kepala Dinas PPKUKM, Ratu Rante Allo menyatakan sudah saatnya para UMKM DKI Jakarta yang tergabung dalam Jakarta Entrepreneur menjadi UMKM UMKM yang tangguh dan naik kelas sehingga memang slogan Sukses Jakarta untuk Indonesia benar-benar menjadi slogan yang berarti.

"Dengan banyaknya pelatihan pelatihan yang dilakukan, bazar adalah salah satu implementasi dari pelatihan UMKM bagaimana untuk menghadapi era global dan bersaing di market," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement