Ahad 25 Jun 2023 17:45 WIB

Hanya Tinggal 200 Km dari Moskow, Pasukan Wagner Balik Kanan

Moskow sudah mengerahkan pasukan untuk menerima pasukan Wagner

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Konvoi tentara bayaran Rusia yang memberontak sudah hampir tiba di Moskow tapi mereka tidak melangkah lebih jauh masuk ibu kota.
Foto: EPA-EFE/ARKADY BUDNITSKY
Konvoi tentara bayaran Rusia yang memberontak sudah hampir tiba di Moskow tapi mereka tidak melangkah lebih jauh masuk ibu kota.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Konvoi tentara bayaran Rusia yang memberontak sudah hampir tiba di Moskow tapi mereka tidak melangkah lebih jauh masuk ibu kota. Hal ini meredakan tantangan terbesar Presiden Vladimir Putin selama beberapa dekade. Pemberontak Wagner mengatakan langkah ini akan menghindari pertumpahan darah.

Mantan sekutu Putin dan pendiri paramiliter Wagner, Yevgeny Prigozhin mengatakan anak buahnya sudah berada 200 kilometer dari Moskow. Sebelumnya Moskow sudah mengerahkan pasukan untuk menerima pasukan Wagner dan meminta warga tetap diam di rumah.

Baca Juga

Tentara Wagner merebut Kota Rostov yang terletak ratusan mil sebelah selatan Moskow sebelum menggelar konvoi ke arah utara. Rekaman video menunjukkan mereka membawa tank-tank dan truk-truk bersenjata dan menghancurkan barikade yang dipasang untuk menghentikan mereka.  

Saksi mata mengatakan pada Sabtu (24/6/2023) malam tentara Wagner mulai mundur dari markas komando militer di Rostov yang mereka rebut.