Ahad 25 Jun 2023 21:04 WIB

Jelang Idul Adha, Permintaan Hewan Kurban di Blibli Naik 70 Persen

Permintaan hewan kurban menunjukkan kenaikan di platform niaga daring.

Rep: Novita Intan/ Red: Ahmad Fikri Noor
Sejumlah domba yang dijual untuk kurban (ilustrasi).
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Sejumlah domba yang dijual untuk kurban (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang Idul Adha, permintaan hewan kurban menunjukkan kenaikan di platform niaga daring. PT Global Digital Niaga Tbk atau Blibli mencatatkan permintaan hewan kurban jelang Idul Adha sebesar 70 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Senior VP of Campaign Blibli, Cindy Kalensang mengatakan, selama semester I 2023, promo Blibli Pay Day mencatat adanya peningkatan transaksi donasi dan kurban lebih dari lima kali lipat dibanding hari biasa. "Khusus permintaan hewan kurban juga meningkat 70 persen dibandingkan tahun lalu," ujarnya dalam keterangan tertulis, Ahad (25/6/2023).

Baca Juga

Jelang Idul Adha, Blibli juga menyiapkan program Berkurban Mudah Pasti Amanah berupa ekstra diskon Rp 200 ribu hingga 30 Juni 2023. Program ini merupakan kolaborasi dengan sejumlah lembaga amil zakat resmi, seperti Amil Zakat (Baznas), Dompet Dhuafa, Yatim Mandiri, Amazing Qurban, Asar Humanity, Rumah Zakat, dan Human Initiative.

Selain itu, Blibli juga turut menghadirkan program promo belanja saat gajian Blibli Pay Day dengan tema Serbu Hematnya Cashback Jutaan mulai dari 25 hingga 28 Juni 2023. Penawaran menarik ini disiapkan spesial untuk menyambut libur hari raya Idul Adha dan musim libur sekolah.

Blibli Pay Day menawarkan cashback hingga Rp 1,5 juta, diskon brand deals hingga 90 persen, program cuci gudang warehouse sale khusus pada 28 Juni 2023, juga belanja gratis ongkir.

Sebelumnya, pemerintah memastikan ketersediaan hewan kurban sapi dan kambing menjelang Idul Adha. Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mencatat stok hewan kurban saat ini mencapai 2,7 juta ekor sapi dan kambing.

Menurut dia, jumlah hewan kurban yang diperlukan hanya sekitar 1,7 juta ekor. Dengan demikian, stok hewan kurban Idul Adha tahun ini mengalami surplus satu juta ekor sapi dan kambing.

"Jadi, prinsipnya cukup cuma permasalahannya ketersebarannya yang kita tidak tahu, mungkin ada daerah-daerah yang mungkin minus, mungkin, tidak semua sama kadang-kadang secara nasional," ujar Tito.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement