Senin 26 Jun 2023 12:19 WIB

Zelenskyy: Aksi Pembelotan Pasukan Wagner Ungkap Kelemahan Rezim Vladimir Putin

Zelenskyy dunia harus menekan Rusia sampai tatanan internasional dipulihkan

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Aksi pembelotan oleh pasukan tentara bayaran Wagner menyingkap kelemahan rezim Presiden Rusia Vladimir Putin
Foto: EPA-EFE/ARKADY BUDNITSKY
Aksi pembelotan oleh pasukan tentara bayaran Wagner menyingkap kelemahan rezim Presiden Rusia Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, KIEV – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan, aksi pembelotan oleh pasukan tentara bayaran Wagner menyingkap kelemahan rezim Presiden Rusia Vladimir Putin. Hal itu disampaikan Zelenskyy saat melakukan percakapan via telepon dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Ahad (25/6/2023).

Kantor Kepresidenan Ukraina mengungkapkan, dalam komunikasi melalui telepon dengan Biden, salah satu topik yang dibahas Zelensky adalah tentang perkembangan situasi di Rusia. “Peristiwa kemarin (pembelotan Wagner) mengungkap kelemahan rezim Putin,” ujar Zelenskyy kepada Biden.

Baca Juga

Zelenskyy menambahkan, dunia harus menekan Rusia sampai tatanan internasional dipulihkan. Dia dan Biden pun membahas tentang perluasan kerja sama pertahanan lebih lanjut. Zelenskyy menyampaikan terima kasih atas dukungan Washington untuk Kiev.

"Saya berterima kasih atas kesiapan Anda dan kesiapan rakyat Amerika untuk berdiri berdampingan dengan Ukraina hingga pembebasan penuh semua wilayah kami dalam perbatasan yang diakui secara internasional,” ucap Zelensky kepada Biden.