Senin 26 Jun 2023 13:52 WIB

Menhan Rusia Lakukan Penampilan Publik Pertama Sejak Usainya Pemberontakan Wagner

Menhan Rusia melakukan inspeksi ke pos komando depan unit Battlegroup West

Rep: Kamran Dikarma / Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergey Shoigu melakukan inspeksi ke pos komando depan unit Battlegroup West di zona pertempuran di Ukraina
Foto: AP Photo
Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergey Shoigu melakukan inspeksi ke pos komando depan unit Battlegroup West di zona pertempuran di Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW – Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergey Shoigu melakukan inspeksi ke pos komando depan unit Battlegroup West di zona pertempuran di Ukraina, Senin (26/6/2023). Itu merupakan penampilan publik pertamanya sejak berakhirnya aksi pembelotan oleh pasukan tentara bayaran Wagner akhir pekan lalu.

"Saat berada di zona operasi militer khusus, Jenderal Angkatan Darat Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu memeriksa pos komando depan unit Battlegroup West," kata Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia, dikutip kantor berita Rusia, TASS.

Baca Juga

Kemenhan Rusia mengungkapkan, selama inspeksi Shoigu menerima laporan dari Komandan Battlegroup West Kolonel Jenderal Yevgeny Nikiforov. Laporan tersebut mencakup situasi terkini, aksi atau tindakan tentara Ukraina, serta upaya pasukan Rusia melaksanakan tugas tempur di sepanjang arahan taktis utama.

Shoigu menyoroti efisiensi upaya untuk mengekspose serta menyerang peralatan dan personel militer Ukraina di sepanjang arahan taktis di area tanggung jawab Battlegroup West. “(Shoigu) memerintahkan komandan dan perwira senior Battlegroup West untuk terus melakukan pengintaian intensif guna mengungkap rencana musuh terlebih dahulu serta menggagalkan mereka pada pendekatan jarak jauh ke garis pertempuran," kata Kemenhan Rusia.