Selasa 27 Jun 2023 08:50 WIB

Penyembelihan, Pemotongan, dan Penyimpanan Tepat, Daging Kurban Dijamin tidak Alot dan Bau

Daging kurban bisa alot dan bau jika salah dalam menanganinya sejak pemotongan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Reiny Dwinanda
Daging kurban perlu diistirahatkan dengan cara digantung selama satu-dua jam.
Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman
Daging kurban perlu diistirahatkan dengan cara digantung selama satu-dua jam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kepala UPTD Rumah Sakit Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar, Yoni Darmawan, ada beberapa tips yang penting untuk masyarakat ketahui dalam pengolahan daging kurban. Pertama, diawali dari proses pemotongannya.

"Jadi kalau pemotongan hewan kurban kalau di kita lihat biasanya itu kan ngantre, jadi sebaiknya ternak yang mau dipotong itu tidak melihat atau tidak mendengar waktu temannya dipotong karena ini salah satu penyebab stres juga pada ternak jadi sebisa mungkin ada penghalang jadi tidak langsung melihat," ujar Yoni di acara diskusi Gaspol PWI Pokja Gedung Sate di Hotel Citarum, Bandung, Senin (26/6/2023).

 

Menurut Yoni, jika hewan ternak tersebut mengalami stres maka akan sangat memengaruhi terhadap kualitas daging. Daging kurban yang alot dan warnanya lebih gelap itu biasanya mengalami pelayuan daging.

 

Salah satu contohnya, kata dia, Rumah Potong Hewan (RPH) yang bagus adalah mereka yang paham betul setiap proses penyembelian hewan ternak.

 

"Jadi daging yang bagus itu kalau di Rumah Potong Hewan (RPH) yang bagus, setelah dipotong, dikuliti, kemudian dikeluarkan jeroannya itu minimal daging diistirahatkan dulu di suhu ruangan yang dingin biar protein ototnya ini tidak kaku," kata Yoni.

 

Yoni mencermati, panitia di banyak tempat pemotongan hewan kurban memotong daging lalu menumpuknya tanpa dikuliti. Hewan ternak yang telah melalui proses pemotongan, menurut dia, harus buru-buru dikeluarkan bagian organ dalam atau jeroannya.

 

Setelah itu, daging kurban digantung dan diistirahatkan terlebih dahulu selama kurang lebih satu jam. Usai melewati tahapan tersebut, daging baru dapat dipotong-potong menjadi bagian kecil.

 

"Apabila jeroan tidak dikeluarkan, dalam waktu satu-dua jam itu akan mempercepat proses pembusukan di dalam, jadi biasanya akan bau," katanya.

 

Baca Juga

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement