Selasa 27 Jun 2023 07:31 WIB

Shin Tae-yong Pernah Ikut Piala Dunia U-17, Jadi Bintang Korea Saat Libas Amerika

Selain Shin Tae-yong, banyak bintang masa kini yang lahir dari Piala Dunia U-17.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong. Shin pernah menjadi bintang di Piala Dunia U-17.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae Yong. Shin pernah menjadi bintang di Piala Dunia U-17.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama kurang lebih sebulan, tepatnya dari 10 November hingga 2 Desember 2023, Indonesia akan menjadi arena unjuk gigi para pesepak bola muda. Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah menunjuk Indonesia sebagai negara penyelenggara Piala Dunia U-17 2023.

Piala Dunia U-17 merupakan level terbawah turnamen kategori umur yang secara langsung berada di bawah kendali FIFA. Kendati tidak sepopuler Piala Dunia U-20, Piala Dunia U-17 dinilai menjadi kawah candradimuka pertama para pesepak bola junior. 

Baca Juga

Turnamen yang diadopsi dari turnamen junior besutan Federasi Sepak Bola Singapura tersebut menjadi kesempatan pertama buat para pemain muda untuk bisa mengukur kemampuannya secara lebih luas. Di turnamen ini, para pemain muda tersebut akan bersaing dengan pemain-pemain lain dari belahan dunia lainnya.

Turnamen ini pun tercatat menelurkan sejumlah pemain-pemain bintang, yang terbukti mampu mengukir prestasi saat tampil level lebih tinggi. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, ternyata menjadi salah satu alumni dari turnamen ini. Shin, yang saat itu berusia 17 tahun, memperkuat Timnas Korea Selatan di gelaran Piala Dunia U-17 1987.