Rabu 28 Jun 2023 09:39 WIB

Doa Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha dan Tata Caranya

Ibadah kurban hukumnya adalah sunnah muakkad, yakni sunnah yang dikuatkan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Petugas memeriksa gigi sapi saat pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Desa Kemanggungan, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa (27/6/2023). Doa Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha dan Tata Caranya
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Petugas memeriksa gigi sapi saat pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Desa Kemanggungan, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa (27/6/2023). Doa Menyembelih Hewan Kurban Idul Adha dan Tata Caranya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hendaknya sebelum proses penyembelihan hewan kurban memperhatikan tata caranya. Di antaranya yakni menghadapkan hewan kurban ke kiblat, membaca basmalah, sholawat, takbir, tahmid, dan juga membaca doa menyembelih hewan kurban.

Ibadah kurban hukumnya adalah sunnah muakkad, yakni sunnah yang dikuatkan. Bahkan Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan ibadah kurban sejak disyariatkannya sampai beliau wafat.

Baca Juga

BACA JUGA: Doa Sesudah Sholat Dhuha Arab, Latin, dan Arti Lengkap dengan Keutamaannya

Berikut beberapa doa menyembelih hewan kurban.

Doa Menyembelih Hewan Kurban

1. Doa menyembelih hewan kurban sebagaimana dijelaskan Syekh Wahbah Al Zuhaili dalam Al Fiqh Al Islami wa Adillatuhu

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَأوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ، إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْد اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّيْ /مِنْ فُلاَن كَمَا تَقَبَّلْتَ مِنْ اِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِكَ.

"Wajjahtu wajhii lilladzii fatharos samaawaati wal ardho haniifaw wamaa ana minal musyrikiin, inna sholaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaati lillaahi robbil ‘aalamiin, laa syariikalahuu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimin.

Bismillaahir rahmaanir rohoim, allohumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammad. Alloohu akbar, alloohu akbar, alloohu akbar, wa lillaahil hamd. Allohumma haadzihii minka wa ilaika fataqobbal minnii/min fulan, kamaa taqobbalta min ibroohim kholiilika."

Artinya:  

Aku menghadapkan wajahku (hatiku) kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri, dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam, tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukanNya, dan aku termasuk golongan dari orang muslimin.

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Penyayang dan Maha Pengasih. Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, hanya bagi Allah segala puji. Ya Allah, hewan ini adalah nikmat dari-Mu, dan melalui hewan ini pula mendekatkan diri kepada-Mu. Ya Allah, terimalah dariku/dari fulan (sebut nama orang yang berkurban), sebagaimana Engkau menerima dari Nabi Ibrahim, kekasih-Mu

Doa menyembelih hewan kurban kedua...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement