Rabu 28 Jun 2023 18:35 WIB

Dokumentasi Lawas Kisahkan Perjalanan Jamaah Haji di Masa Lalu

Adegan menunjukkan perjalanan panjang jamaah haji menuju Makkah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Foto lawas yang memperlihatkan perjalanan jamaah haji di masa lalu.
Foto: SPA
Foto lawas yang memperlihatkan perjalanan jamaah haji di masa lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Banyak orang antusias menanggapi video-video lawas yang memperlihatkan perjalanan manasik haji pada masa lalu. Video-video itu beredar sejak awal musim haji tahun ini.

Seperti dilansir Saudi Gazette, Rabu (28/06/2023), video-video tersebut difilmkan oleh para peziarah dan sejarawan. Mereka mendokumentasikan perjalanan jamaah haji mulai dari berangkat dari negara mereka ke Makkah dan Tempat Suci hingga mereka menyelesaikan ritual ibadah haji mereka.

Baca Juga

Beberapa video menceritakan kisah perjalanan para peziarah dari berbagai belahan dunia. Itu membuat banyak interaksi masyarakat yang menyoroti pergeseran kualitatif Kerajaan Arab Saudi dalam melayani jamaah haji selama beberapa dekade terakhir.

Adegan yang difilmkan menunjukkan perjalanan panjang jamaah haji melalui laut dan darat untuk mencapai Makkah dan Tempat Suci. Perjalanan para peziarah biasanya memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Kesulitan haji di masa lalu terlihat jelas dalam foto-foto dan adegan yang difilmkan dengan perasaan takut dan cemas muncul di wajah mereka selama perjalanan mereka ke Makkah. Adegan-adegan itu juga memperlihatkan jamaah haji saat berdiri di Arafah dan selama kehadiran mereka di Mina.

Dalam hal ini, para pengikut menyoroti layanan, fasilitas, keamanan, dan keselamatan yang telah dinikmati jamaah haji sejak era Raja Abdulaziz Bin Abdul Rahman, berbeda dengan kesulitan yang dihadapi jamaah sebelumnya. Layanan tersebut disediakan oleh Arab Saudi yang saat ini menerima jutaan jamaah haji dari seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement