Rabu 28 Jun 2023 18:28 WIB

Geopark Ranah Minang Silokek Sijunjung Diusulkan Masuk Unesco Global Geopark

.Potensi keragaman geologi, keragaman biologi, dan budaya masyarakat sangat mendukung

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
.

Tim Bappenas Republik Indonesia bersama Kementerian Energi, Kementreian Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Sumber Daya Manusia (ESDM) meninjau lokasi<a href= Geopark Ranah Minang Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Ahad (26/06/2023)." />
Tim Bappenas Republik Indonesia bersama Kementerian Energi, Kementreian Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Sumber Daya Manusia (ESDM) meninjau lokasi Geopark Ranah Minang Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Ahad (26/06/2023).

Kampus—Geopark Ranah Minang Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat diusulkan masuk dalam Unesco Global Geopark (UGGp). Untuk mencapai itu Sijunjung mengajukan diri menjadi calon tuan rumah Koordinasi Nasional (Rakornas) Geopark se-Indonesia.

“Dengan mengajukan diri menjadi calon tuan rumah Koordinasi Nasional (Rakornas) Geopark se-Indonesia, membuktikan keseriusan Kabupaten Sijunjung dalam membangun wilayah berbasiskan geopark. Hal ini juga sejalan dengan keinginan pemerintah daerah untuk menjadikan geopark Ranah Minang Silokek menjadi salah dari geosite internasional dan masuk dalam Unesco Global Geopark (UGGp),” kata Bupati Sijunjung, Benny Dwipa Yuswir. Ahad (26/06/2023).

Tim Bappenas Republik Indonesia bersama Kementerian Energi, Kementerian Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Sumber Daya Manusia (ESDM) meninjau lokasi Geopark Ranah Minang Silokek, Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat sebagai calon tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Geopark, Ahad (26/06/2023). Kegiatan Rakornas akan diselenggarakan pada November 2023 mendatang. Kegiatan peninjauan itu dilakukan sambil bersepeda santai bersama sama tim pemerintah kabupaten, tim geopark Universitas Andalas serta masyarakat setempat. Mereka mengunjungi beberapa geosite yang ada di Geopark Ranah Minang Silokek.

Koodinator Aksi Nasional Geopark Indonesia Toguh Pardede menyampaikan bahwa upaya pemerintah dan masyarakat Sijunjung untuk menjadikan Geopark Ranah Minang Silokek menjadi Unesco Global Geopark (UGGp) adalah langkah yang strategis yang harus di dukung. “Scientific geologi sudah bernilai internasional, unsur budayanya juga sangat kuat, hal terpenting adalah masyarakat memberikan edukasi turun-termurun dan terus terjaga, demikian juga kerjasama antara pemerintah, masyarakat dengan universitas dan petahelix lainnya juga sudah terbina ” tuturnya