Rabu 28 Jun 2023 20:57 WIB

Viral Video Ayah Marahi Anak karena Main Roleplay, Game Apa Itu?

Saat mengetahui anak bermain roleplay, bagaimana reaksi yang tepat?

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Orang tua memarahi anak (ilustrasi). Beredar video ayah memarahi anaknya karena bermain roleplay.
Foto: Foto : Mardiah
Orang tua memarahi anak (ilustrasi). Beredar video ayah memarahi anaknya karena bermain roleplay.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebuah video ayah memarahi anak perempuannya yang bermain role-playing game atau disingkat RP viral di Tiktok. Anak itu melakukan RP dengan orang yang tidak dikenal di media sosial (medsos) tersebut.

Apa itu RP? Dilansir laman Tech Target, RP merupakan permainan di mana pemain melakoni peran karakter dalam fiksi. Pemain bertanggung jawab untuk memerankan peran ini dalam sebuah narasi, baik melalui akting literal, atau proses pengambilan keputusan terstruktur.

Baca Juga

Pemain dapat berinteraksi dalam dunia imajiner permainan. Game seperti Dungeons and Dragons, Battletech, dan Star Wars adalah contoh populer dari genre game role playing online awal.

Di Tiktok, pemain RP biasanya menjadi karakter tertentu, atau karakter fiksi, seperti publik figur, idola K-pop, dan lain-lain. Pemain akan berinteraksi dengan pemain RP lain untuk menjalin hubungan fiksi. Tidak seperti permainan asli, RP di Tiktok memungkinkan pemain memerankan karakter yang ada di kehidupan nyata. Hal ini yang membuat pemain RP di Tiktok rentan mengalami kejahatan seksual maupun paparan LGBT.