Kamis 29 Jun 2023 14:44 WIB

Biden tak Yakin Pemberontakan Wagner Melemahkan Putin

Biden mengatakan AS dan sekutu-sekutunya tidak terlibat dalam pemberontakan Wagner

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Presiden AS, Joe Biden tidak yakin Presiden Rusia Vladimir Putin melemah oleh pemberontakan tentara bayaran Wagner Group.
Foto: EPA-EFE/ARKADY BUDNITSKY
Presiden AS, Joe Biden tidak yakin Presiden Rusia Vladimir Putin melemah oleh pemberontakan tentara bayaran Wagner Group.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi "musuh" seluruh dunia. Namun, ia tidak yakin Putin melemah oleh pemberontakan tentara bayaran Wagner Group.

Hal ini Biden sampaikan di Gedung Putih sebelum berangkat ke Chicago, Rabu (28/6/20230. Ia mengatakan Putin jelas kalah perang di Ukraina dan "kalah perang di negerinya, dan kini ia menjadi musuh di seluruh dunia."

Baca Juga

Senin (26/6/2023) lalu, Biden mengatakan pemberontakan singkat tentara bayaran Rusia terhadap Kremlin bagian perlawanan pada sistem Rusia. Ia menegaskan AS dan sekutu-sekutunya tidak terlibat dalam pemberontakan tersebut.

"Kami menegaskan kami tidak terlibat, kami tidak ada hubungannya dengan ini," kata Biden dalam pernyataan pertamanya mengenai pemberontakan Wagner.