Kamis 29 Jun 2023 22:09 WIB

Idul Adha, Unisba Kelola Penyembelihan 15 Hewan Kurban

Daging kurban dibagikan kepada warga sekitar kampus dan berbagai pihak lainnya.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) Prof Edi Setiadi
Foto: Republika/Edi Yusuf
Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) Prof Edi Setiadi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Universitas Islam Bandung (Unisba) mengelola penyembelihan 15 hewan kurban pada Idul Adha 2023. Kegiatan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di lapangan parkir kampus utama Unisba, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/6/2023).

Panitia kurban Unisba menerima titipan 14 sapi dan satu kambing. Menurut Rektor Unisba Prof Edi Setiadi, jumlah mudhohi atau orang yang berkurban di Unisba dari tahun ke tahun terus bertambah. Ia pun bersyukur atas kepercayaan ini. “Tata cara penyembelihan sudah sesuai dengan syariat Islam,” ujarnya.

Baca Juga

Prof Edi berpesan soal pembagian daging kurban, baik kepada mudhohi maupun berbagai pihak lainnya, terutama lembaga-lembaga yang telah menyerahkan proposal kepada panitia. 

“Saya percayakan pendistribusian akan dilaksanakan sesuai amanah. Ketertiban tetap perlu dijaga, terutama ketertiban administratif karena ini amanah dari pada mudhohi yang memercayakan penyembelihan hewan kurbannya kepada kami (Unisba),” ujar Prof Edi.

Kepala Bagian Peningkatan Ruhul Islam dan Pengelolaan Masjid Unisba, Iwan Permana, menjelaskan, 15 hewan kurban tersebut berasal dari 99 orang mudhohi. Baik itu dari civitas academica Unisba, terdiri atas dosen dan tenaga kependidikan, keluarga, dan kerabatnya, juga dari eksternal Unisba.

Tiga sapi disebut berasal dari rekanan Unisba, yaitu Bank Muamalat Cabang Bandung, BSI KC Bandung Citarum, dan BJB Cabang Tamansari Kota Bandung. 

Menurut Iwan, hewan kurban yang dikelola Unisba dalam keadaan sehat, dilengkapi juga surat keterangan sehat dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP). Hewan kurban juga disebut bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) dan sudah divaksin.

Iwan memastikan penyembelihan hewan kurban dilakukan sesuai syariat Islam oleh juru sembelih profesional. Para mudhohi dapat melihat langsung penyembelihan hewan kurban maupun melalui media daring.

Daging kurbannya, menurut Iwan, selain diberikan kepada mudhohi sebanyak empat kilogram, juga disalurkan kepada kurang lebih 4.300 warga. Di antaranya masyarakat sekitar Kampus I Unisba di Tamansari, Kota Bandung; masyarakat sekitar Kampus II Unisba di Ciburial, Kabupaten Bandung; dan masyarakat sekitar Kampus IV Unisba di Nagreg, Kabupaten Bandung.

Iwan mengatakan, kurban juga disalurkan kepada yayasan atau lembaga sosial yang mengajukan proposal ke Unisba dan telah disetujui. Iwan mendoakan mudhohi yang telah memercayakan pengelolaan hewan kurban ini. “Semoga diterima sebagai ibadah kurban kepada Allah,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement