Kamis 29 Jun 2023 22:59 WIB

Program Kurban Berkah Baznas Meriahkan Hari Raya Idul Adha 1444 H

Baznas berkomitmen menyemarakkan idul adha.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Baznas RI melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Kampung Baros, Desa Cibuntu, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Kamis (29/6/2023).
Foto: Dok. Baznas
Baznas RI melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Kampung Baros, Desa Cibuntu, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Kamis (29/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menyelenggarakan agenda pelaksanaan Kurban Berkah Baznas di Balai Ternak Purwakarta, Jawa Barat, pada Kamis (29/6/2023). Acara ini digelar sebagai puncak perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H atau 10 Dzulhijjah.

Wakil Ketua Baznas RI Mo Mahdum menyampaikan rasa syukur Baznas dapat menggelar acara yang penuh keberkahan tersebut, yaitu Semarak Kurban Berkah Baznas pada momentum Idul Kurban tahun ini.

Baca Juga

"Alhamdulillah, hari ini kita menggelar acara penuh keberkahan yakni Semarak Kurban Berkah BAZNAS. Nantinya daging kurban ini akan disalurkan kepada mereka yang berhak dan secara tepat sasaran," kata dia di Balai Ternak Baznas Purwakarta, Desa Cibuntu, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (29/6/2023).

Ada sebanyak 1.617 hewan kurban yang disembelih pada Idul Adha tahun 2023 ini. Jumlah hewan kurban Baznas yang disembelih itu akan terus bertambah hingga tiga hari Tasyrik, yakni pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Khusus di Balai Ternak Baznas Purwakarta di Desa Cibuntu, ada sebanyak 44 ekor kambing/domba dan enam sapi kurban yang disembelih. Hewan kurban tersebut berasal dari masyarakat yang menunaikan kurban secara online, dan para wali santri Sekolah Cendekia Baznas.

Mahdum menuturkan, jumlah hewan kurban ini belum termasuk hewan kurban lain yang disembelih Baznas di berbagai lokasi penyembelihan lain. Menurut dia, prosesi penyembelihan kurban sangat multimanfaat, karena dapat dirasakan oleh banyak orang. Mulai dari pekurban, penerima kurban, hingga masyarakat penjual bumbu dapur dan alat masak.

"Tidak semua orang berkesempatan mengonsumsi daging. Mereka ikut bahagia. Lalu ketika ada kurban, ekonomi warga lainnya akan terbantu seperti penjual bumbu atau alat masak. Kita berharap mudah-mudahan roda ekonomi juga berjalan, konsumsi naik otomatis pendapatan naik," kata Mahdum.

Untuk tahun ini, Mahdum mengungkapkan, Baznas menargetkan penghimpunan Kurban Berkah Baznas 2023 mencapai 10 ribu ekor setara domba/kambing. Daging kurban akan disalurkan dalam bentuk bermacam-macam. Ada yang berupa daging kambing/domba dan sapi segar, dan ada pula yang separuhnya diolah dalam bentuk daging kemasan.

"Daging kurban kemasan tersebut akan didistribusikan ke 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan target 78.860 orang penerima manfaat," tuturnya.

Program Kurban Berkah Baznas juga akan dibagikan kepada mereka yang mengalami stunting dan kemiskinan ekstrem di daerah-daerah terpencil dan terluar. Baznas juga akan memastikan tepat sasaran dan sesuai dengan prinsip 3A, yakni Aman Syar'i, Aman Regulasi, Aman NKRI.

Tak hanya menggelar Semarak Kurban Berkah Baznas di Purwakarta, Baznas juga mengadakan pendistribusian daging kurban kepada masyarakat yang membutuhkan di Rawamangun, Jakarta Timur, bersama selebritas Nabilah Ratna Ayu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement