Jumat 30 Jun 2023 13:39 WIB

Lima Hadits tentang Perintah Sholat Jumat

Allah telah mewajibkan sholat Jumat

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Sholat Jumat (Ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Sholat Jumat (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak sekali hadits nabi yang menjelaskan tentang perintah untuk mendirikan ibadah jumat. Dalam buku Hukum Fikih Seputar Hari Jumat karya Syafri Muhammad Noor, lima hadits tersebut diantaranya,

Pertama, Hadits yang diriwayatkan dari Thariq bin Syihab,

Baca Juga

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلَّا أَرْبَعَةً : عبد مملوك, وَامْرَأَةٌ أَوْ صَيٌّ, أَوْ مَرِيضٌ

Ritual Jumat adalah kewajiban bagi setiap Muslim dalam berjamaah kecuali empat orang: Hamba sahaya yang dimiliki, wanita, anak kecil, dan orang sakit," (HR Abu Daud dengan sanad sesuai standar syarat Bukhari dan Muslim)

Kedua, Hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Umar dan Abu Hurairah bahwa keduanya mendengar Rasulullah bersabda di atas mimbarnya:

لِيَنْتَهِيَنَّ أَقْوَامٌ مِنْ وَدْعِهِمْ الْجُمُعَاتِ أَوْ لَيَحْتِمَنَّ اللَّهُ عَلَى

قُلُوبِهِمْ ثُمَّ لَيَكُونُنَّ مِنْ الْغَافِلِينَ

"Sungguh berhentilah kaum-kaum dari meninggalkan beberapa Jumat atau sungguh Allah menutup hati mereka sehingga mereka termasuk orang-orang yang lalai," (HR Muslim).

Ketiga, dalam hadits lain disebutkan, bahwa istri nabi yang bernama Hafshah bintu Umar mengabarkan tentang sabda Nabi,

رَوَاحُ الْجُمُعَةِ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُحْتَلِمٍ

"Berangkat Jumat adalah kewajiban bagi setiap orang yang telah mimpi basah (baligh)\" (HR. An- Nasa'i dengan sanad sesuai standar syarat Imam Muslim).

Keempat, Hadits yang diriwayatkan dari Abul Jadi Ad Dhamri:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ تَرَكَ ثَلَاثَ جمَعِ تَفَاوُنَا بِمَا طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ

"Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Siapa yang meninggalkan sholat Jum'at tiga kali karena meremehkannya maka Allah akan mengunci hatinya."(HR. Abu daud, An- Nasai dan At-Tirmidzi)

Kelima, Hadits yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah :

هَذَا وَاعْلَمُوا أَنَّ اللهَ تَعَالَى قَدْ فَرَضَ عَلَيْكُمُ الْجُمُعَةَ فِي مَقَامِي هَذَا ، في يَوْمِي هَذَا ، فِي شَهْرِي هَذَا ، مِنْ عَامِي إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ ، فَمَنْ تَرَكَهَا فِي حَيَاتِي ، أَوْ بَعْدِي وَلَهُ إِمَامٌ عَادِلٌ أَوْ جَائِرٌ اسْتِخْفَافًا بِمَا أَوْ جُحُودًا لَمَا بِحَقِّهَا فلا جَمَعَ اللهُ لَهُ شَمْلَهُ وَلا بَارَكَ لَهُ فِي أَمْرِهِ ، أَلا وَلا صَلاةَ لَهُ ، وَلا زَكَاةَ لَهُ ، وَلا حَجَّ لَهُ ، وَلَا صَوْمَ لَهُ ، وَلَا بِرَّ لَهُ حَتَّى يَتُوبَ فَمَنْ تَابَ تَابَ اللَّهُ عَلَيْهِ

Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah telah mewajibkan kalian sholat Jum'at di tempatku ini, pada hari ini, bulan ini, dari tahun ini sampai dengan hari kiamat. Siapa saja yang meninggalkannya selagi aku hidup ataupun setelah meninggal dunia kelak dan dia memiliki pemimpin yang adil atau dzalim yang meremehkan atau mengingkari perkara jumat, maka Allah tidak akan menyatukan kesatuannya dan tidak pula memberkahi dalam urusannya. Dan ketahuilah bahwa tidak akan diterima shalatnya, zakatnya, hajinya, puasanya dan kebaikannya sampai ia bertobat kepada Allah. Siapa saja yang bertobat kepadaNya, niscaya Allah memberi ampunan kepadanya." (HR. Ibnu Majah).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement