Jumat 30 Jun 2023 18:33 WIB

Undang Pierluigi Collina, Erick Thohir Dinilai Terus Lakukan Gebrakan di PSSI

Erick Thohir terus berusaha meningkatkan kualitas wasit di Indonesia.

Red: Muhammad Hafil
Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ketua Umum PSSI Erick Thohir kembali memberi kejutan kepada para pecinta sepakbola tanah air. Usai berhasil mengundang tim juara dunia Argentina dan Palestina untuk melawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday belum lama ini, Menteri BUMN dalam Kabinet Presiden Joko Widodo ini kembali membuat gebrakan.

Tak hanya meningkatkan mutu pemain sepakbola dengan mengundang tim-tim papan atas dunia, hal serupa juga dilakukan Erick Thohir untuk membenahi mutu perwasitan Indonesia.

Baca Juga

Guna meningkatkan kualitas para wasit Indonesia yang akan memimpin jalannya kompetisi sepakbola di Indonesia, Erick Thohir pun bergerak cepat dengan menggandeng Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) untuk membuat pelatihan khusus wasit di Liga 1, 2, dan 3, pada 15-20 Juni 2023.

Tidak cukup sampai di situ, Erick Thohir rencananya bakal mendatangkan mantan wasit terbaik dunia, Pierluigi Collina ke Indonesia.

Pengamat Sepak Bola Nasional Sigit Nugroho angkat jempol dengan keputusan Erick Thohir untuk mendatangkan wasit legendaris asal Italia yang saat ini menjadi instruktur wasit FIFA Pierluigi Collina. 

Pasalnya, wasit berkepala plontos itu dikenal sebagai wasit dengan karakternya yang kuat dan tegas terhadap setiap keputusan yang diambil, serta tidak terpengaruh dengan tekanan dari dalam maupun luar lapangan.

“Tentu sangat mengapresiasi. Rasanya bukan sekadar belajar law of the game kalau sama Collina, tapi lebih ke hal-hal non teknis. Dia dikenal punya karakter kuat dan tak mudah diteror pemain maupun ofisial di pinggir lapangan, maupun ofisial di luar lapangan,” ungkapnya.

Sementara wasit Indonesia, kata Sigit, masih terpengaruh dengan tekanan-tekanan dari para pemain dan official di luar lapangan. Hal ini, menurut Sigit perlu mendapat pembekalan banyak kepada wasit Indonesia demi kemajuan sepak bola Indonesia. “Yang terakhir ini sudah jadi rahasia umum di Indonesia,” jelasnya.

Lebih jauh pendiri organisasi suporter Indonesia ini mengatakan, selain mendatangkan Pierluigi Collina, PSSI harus intens mengupgrade kualitas wasit dengan mendatangkan wasit-wasit dengan kualifikasi khusus. 

Hak ini tak lepas dari mental pemain Liga 1, 2 dan 3 yang masih jauh di bawah mental pemain Eropa atau liga-liga di Asia seperti Jepang, Korea Selatan dan Arab Saudi. Pemain Eropa atau di liga top Asia sangat patuh terhadap keputusan wasit, meski ada aksi protes kecil-kecilan tetapi tidak sampai pada level mendorong atau bahkan memukul wasit.

“Sering up grade kualitas dengan undang wasit-wasit dengan kualifikasi khusus. Terlebih, dari Liga yang tingkat "penyakitnya" setara dengan Indonesia. Kalau dari liga-liga top dunia, agak kurang tepat. Di Eropa, pemain patuh. Beda di negara-negara yang kelakuan pemainnya masih brutal,” jelasnya.

Liga Indonesia saat ini berada di peringkat ke tujuh Asia Tenggara dan berada di bawah liga Malaysia dan Singapura. Merosotnya peringkat Liga Indonesia ini membuat Erick Thohir harus bekerja keras untuk meningkatkan peringkat Liga Indonesia, dan salah satu caranya adalah memperbaiki kualitas wasit lewat pelatihan dan jaminan kesejahteraan hidup mereka.

“Banyak faktor (terpuruknya Liga Indonesia). Kalau soal antusiasme, Liga kita nomor 1. Tapi kepatuhan pada law of the game, pada standarisasi aturan, masih jauh. Tidak disiplinnya pelaksana pertandingan dan aparat keamanan dalam mematuhi aturan baku AFC, kian melengkapi turunnya kualitas Liga kita. Kasus Tragedi Kanjuruhan contohnya,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan punya langkah konkrit untuk memperbaiki kualitas wasit sepak bola Indonesia. Langkah konkrit tersebut adalah mengundang wasit legendaris Pierluigi Collina yang kini menjadi instruktur wasit FIFA.

Perwasitan menjadi salah satu isu penting yang disorot Erick Thohir. Salah satu langkah yang sudah dilakukan adalah dengan menjalin kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Jepang (JFA). Menariknya, Erick Thohir telah mengirim surat kepada Sekjen PSSI Yunus Nusi untuk diteruskan kepada FIFA agar didatangkan Pierluigi Collina. 

"Saya juga sedang mendorong FIFA untuk mengirim wasit Pierluigi Collina. Instruktur dari FIFA untuk bertemu para wasit juga biar semangat," kata Erick Thohir.

"Suratnya untuk datangkan Collina sudah dikirim ya Pak Sekjen (Yunus Nusi), mohon dikejar lagi Pak Sekjen kapan mereka bisa hadir," tambah Erick Thohir.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement