Jumat 30 Jun 2023 20:47 WIB

SuperAdventure Superpreneur Segera Digelar, Cari Entrepreneur Muda Masa Depan

Ini merupakan merupakan sebuah kompetisi bisnis berskala nasional.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Ilustrasi pebisnis muda memanfaatkan teknologi digital.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi pebisnis muda memanfaatkan teknologi digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dalam upaya ikut mendorong pertumbuhan wirausaha dan entrepreneur muda di Indonesia, ajang SuperAdventure - Superpreneur kembali digelar pada tahun ini. SuperAdventure - Superpreneur 2023 merupakan sebuah kompetisi bisnis atau business pitch berskala nasional bagi entrepreneur muda Indonesia yang memiliki semangat adventurous dan mengangkat local pride.

Sejak perdana digelar pada 2021, ajang SuperAdventure - Superpreneur telah diikuti oleh ribuan entrepreneur muda dari seluruh Indonesia. Tak heran, ini mengingat SuperAdventure sebagai penggagas program berkomitmen untuk mendorong generasi muda dalam memajukan bisnis dan brand yang dimilikinya agar makin berkembang dan dikenal luas di Indonesia maupun internasional.

Baca Juga

Perwakilan SuperAdventure, Aloysius Dwiwoko Hertiyono, mengatakan, dunia entrepreneur sangat menjanjikan bagi generasi muda yang punya semangat tinggi untuk berkembang dan meraih sukses. “Oleh karena itu dengan SuperAdventure - Superpreneur 2023 kami memberikan dukungan penuh kepada entrepreneur muda Indonesia agar mampu level up dan scale up bisnis mereka. Kami optimistis akan banyak entrepreneur muda dari berbagai daerah yang akan bergabung,” ungkap pria yang akrab disapa Tiyok ini.

Ia menjelaskan, tahun ini SuperAdventure - Superpreneur membuka kesempatan lebih luas lagi bagi wirausahawan muda untuk berpartisipasi dan berkembang bersama. Selain menawarkan hadiah total senilai Rp 750 juta, ajang ini juga membuka banyak peluang dan jejaring bisnis yang lebih luas bagi pengusaha muda yang berpartisipasi. Pendaftaran peserta SuperAdventure - Superpreneur 2023 dibuka per tanggal 1 Juli 2023.

Tiyok menjelaskan, untuk berpartisipasi, para peserta harus menyiapkan video presentasi singkat yang menceritakan business plan yang mereka jalankan. Dalam video berdurasi satu setengah menit tersebut, peserta harus menjelaskan beragam hal mulai dari latar belakang bisnis, unique selling point (USP), hingga alasan mereka layak jadi pemenang. Video tersebut wajib diunggah di akun Instagram peserta paling lambat pada 31 Agustus 2023.

“Dalam prosesnya, para peserta SuperAdventure - Superpreneur juga ditantang agar mampu berpikir kritis menyelesaikan berbagai tantangan dan masalah yang terjadi dalam bisnis mereka,” kata Tiyok.

Untuk memaksimalkan potensi para peserta, sederet sosok terkemuka yang berasal dari kalangan pebisnis sukses turut dilibatkan dalam ajang ini, di antaranya Jeffry Jouw, Sammy Bramantyo, Adit Yara, hingga Gofar. Nama-nama tersebut selain memiliki daya tarik bagi para kaum milenial dan generasi Z, juga punya cerita sukses dan pengalaman dalam membangun bisnis mereka, yang bisa menjadi pelajaran berharga bagi para peserta.

Jeffry Jouw selaku salah satu juri optimistis bahwa peluang anak-anak muda Indonesia untuk meraih sukses sebagai entrepreneur sangat besar. Dengan populasi penduduk yang besar dan didominasi oleh generasi muda, maka peluang bisnis masih sangat terbuka lebar sepanjang mau mengembangkan diri dan mengasah kemampuan.

“Harapannya melalui SuperAdventure - Superpreneur 2023 ini kita bisa berbagi dan sharing edukasi kepada entrepreneur muda Indonesia. Dengan begitu kita bisa paham apa yang Indonesia butuhkan melalui entrepreneurship, tentunya dengan target market yang sesuai dan bisnis yang lebih sustainable,” kata owner dari USS Networks & Kick Avenue ini.

Selain Jeffry Jouw dan sederet nama-nama tersebut, akan hadir pula para peserta terbaik SuperAdventure – Superpreneur tahun lalu, di antaranya Eghip Kurniawan ‘Situparty’, Reza Rasenda ‘Bagerich’, Fahmi Adimara ‘Indische 1931’, Asep ‘Rohman Boolao’, David Christian ‘Evoware’ dan masih banyak lagi. 

Mereka semua akan menjadi pembicara dalam rangkaian seminar sebelum masa pendaftaran SuperAdventure – Superpreneur 2023 berakhir, yaitu “Superpreneur Meet Up”, digelar di empat kota, yakni Medan (3 Agustus), Bandung (10 Agustus), Yogyakarta (16 Agustus), dan Malang (23 Agustus). Mereka akan berbagi pengalaman dan membahas berbagai tema menarik seputar pengembangan bisnis dan upaya membangun jenama.

“Ini kesempatan emas untuk menggali kemampuan dan peluang. Karena untuk berkembang sebagai entrepreneur, harus memenuhi kriteria bisnis yang memadai. Mulai dari market yang sesuai, kemampuan beradaptasi dengan tren agar bisa sustainable, dan bisnisnya harus punya potensi untuk di-develop lebih besar lagi,” ujar pria yang populer dengan nama Jejouw ini. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement