Ahad 02 Jul 2023 12:56 WIB

Kedepankan Program TJSL, Rekind Salurkan Daging Kurban untuk Masyarakat

Di Proyek RDMP Balikpapan Rekind bagikan 7 ekor sapi dan 15 ekor kambing untuk kurban

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Melalui Unit Kegiatan Kerohanian Majelis Talim Ulul Albaab, Rekind dan Anak Usahanya menyalurkan hewan kurban sebanyak 6 ekor sapi serta 24 ekor kambing/domba.
Foto: dok Rekind
Melalui Unit Kegiatan Kerohanian Majelis Talim Ulul Albaab, Rekind dan Anak Usahanya menyalurkan hewan kurban sebanyak 6 ekor sapi serta 24 ekor kambing/domba.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperingati Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, PT Rekayasa Industri (Rekind) menyalurkan daging kurban kepada masyarakat dan sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas), sebagai bentuk perwujudan penerapan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang gencar digaungkan seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Salah satu bentuk perwujudan dari penerapan  Program TJSL tersebut bisa dilihat dengan dilakukannya penyembelihan dan penyerahan daging kurban yang dipusatkan di Kantor Pusat (Home Base) Rekind, di Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu 1 Juli 2023. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Edy Sutrisman, SVP Corporate Secretary & Legal Rekind, didampingi Corporate Communication Manager, Tommy Bustomi, Radinal Faldi, Secretariat Manager dan sejumlah pejabat tinggi perusahaan EPC  (Engineering, Procurement, Construction) terintegrasi milik bangsa itu.

“Pembagian daging Kurban ini merupakan upaya Rekind untuk terus mengokohkan sinergi antara perusahaan dengan masyarakat. Selain itu, langkah ini juga merupakan perwujudan penerapan Program TJSL BUMN sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan serta kesejahteraan masyarakat. Semoga apa yang kami lakukan mendapat ridho dari Allah SWT,” ungkap Edy Sutrisman.

Melalui Unit Kegiatan Kerohanian Majelis Ta’lim Ulul Albaab, Rekind dan Anak Usahanya menyalurkan hewan kurban sebanyak 6 ekor sapi serta 24 ekor kambing/domba. Dari jumlah tersebut, 4 ekor sapi dan 24 kambing/domba yang dikurbankan ditujukan bagi enam yayasan sosial dan organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang berada di sekitar kantor Rekind, termasuk pihak-pihak yang berhak menerima dari aparat Polsek dan Koramil di wilayah Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Ditambah 250 orang penerima dari pihak internal perusahaan, seperti karyawan tidak tetap, security, supir dan pegawai cleaning.

Sementara dua ekor sapi kurban lainnya yang merupakan milik PT Pupuk Indonesia (Persero), pada Kamis (29/6/2023), oleh Rekind diserahkan kepada warga masyarakat di lingkungan RW 08,  Kelurahan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan. RW 08  merupakan wilayah terdekat dengan Kantor Pusat Rekind. Daging Kurban dua ekor sapi ini diperuntukkan bagi 500 warga yang berhak menerimanya,  dari 1.116 Kepala Keluarga (KK) di RW 08, Kalibata tersebut.

Ketua RW 08, Marzuki mengapresiasi positif kegiatan ini. Menurutnya, melalui kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya itu memiliki arti tersendiri, terutama terciptanya keakraban antara perusahaan dengan masyarakat, dan yang tidak kalah penting bisa  sedikit meringankan beban warganya.

“Melalui Rekind, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) dan Kementerian BUMN yang rutin menggelar kegiatan ini. Semoga apa yang dilakukan bisa memberikan sedikit kebahagiaan bagi warga kami. Melalui kegiatan ini kami juga berharap, Rekind mewakili perusahaan BUMN bisa terus berkontribusi bagi bangsa dan negara,” ungkap Marzuki.

Di Proyek RDMP Balikpapan, Rekind yang tergabung dalam Joint Operation (JO) juga mengedepankan peran TJSL dengan menyerahkan 7 ekor sapi dan 15 ekor kambing untuk dikurbankan. Penyerahannya dialokasikan di 17 wilayah di Kota Balikpapan dan desa terdekat dengan aktivitas proyek. Di antaranya, Kantor Walikota Balikpapan, Polres Balikpapan, Koramil Balikpapan Barat, Desa Kariangau, Margasari dan Karang Jati.

“Kami akan terus berupaya maksimal untuk melaksanakan kegiatan yang langsung melibatkan masyarakat, sehingga terjalin kebersamaan yang baik dan saling mengisi satu sama lain, khususnya dalam melancarkan kegiatan yang tengah dikerjakan perusahaan,” ungkap Edy Sutrisman. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يُوْصِيْكُمُ اللّٰهُ فِيْٓ اَوْلَادِكُمْ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِ ۚ فَاِنْ كُنَّ نِسَاۤءً فَوْقَ اثْنَتَيْنِ فَلَهُنَّ ثُلُثَا مَا تَرَكَ ۚ وَاِنْ كَانَتْ وَاحِدَةً فَلَهَا النِّصْفُ ۗ وَلِاَبَوَيْهِ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِّنْهُمَا السُّدُسُ مِمَّا تَرَكَ اِنْ كَانَ لَهٗ وَلَدٌ ۚ فَاِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهٗ وَلَدٌ وَّوَرِثَهٗٓ اَبَوٰهُ فَلِاُمِّهِ الثُّلُثُ ۚ فَاِنْ كَانَ لَهٗٓ اِخْوَةٌ فَلِاُمِّهِ السُّدُسُ مِنْۢ بَعْدِ وَصِيَّةٍ يُّوْصِيْ بِهَآ اَوْ دَيْنٍ ۗ اٰبَاۤؤُكُمْ وَاَبْنَاۤؤُكُمْۚ لَا تَدْرُوْنَ اَيُّهُمْ اَقْرَبُ لَكُمْ نَفْعًا ۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلِيْمًا حَكِيْمًا
Allah mensyariatkan (mewajibkan) kepadamu tentang (pembagian warisan untuk) anak-anakmu, (yaitu) bagian seorang anak laki-laki sama dengan bagian dua orang anak perempuan. Dan jika anak itu semuanya perempuan yang jumlahnya lebih dari dua, maka bagian mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Jika dia (anak perempuan) itu seorang saja, maka dia memperoleh setengah (harta yang ditinggalkan). Dan untuk kedua ibu-bapak, bagian masing-masing seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika dia (yang meninggal) mempunyai anak. Jika dia (yang meninggal) tidak mempunyai anak dan dia diwarisi oleh kedua ibu-bapaknya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga. Jika dia (yang meninggal) mempunyai beberapa saudara, maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) setelah (dipenuhi) wasiat yang dibuatnya atau (dan setelah dibayar) utangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih banyak manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. An-Nisa' ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement